Sunday, September 25, 2022

Rangkuman Tema 6 Kelas 6 Subtema 3


Rangkuman Tema 6 Kelas 6 Subtema 3

Tuliskan rangkuman-rangkuman materi tema 1 kelas 6! (dari subtema 1-3, harus lengkap!) ​

1. Tuliskan rangkuman-rangkuman materi tema 1 kelas 6! (dari subtema 1-3, harus lengkap!) ​


Jawaban:

Materi Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1

Untuk rangkuman tema 1 kelas 6 subtema 1 pembelajaran 1 ini terdiri dari 3 muatan pelajaran, antara lain: Bahasa Indonesia, IPA dan IPS dengan tujuan pembelajaran sebagai berikut:

a. menemukan ide pokok dan informasi penting berkaitan dengan teks atau bacaan.

b. mengidentifikasi perkembangbiakan tumbuhan secara generatif dan manfaatnya.

c. menyebutkan kondisi geografis negara anggota ASEAN.

Bahasa Indonesia

Cara Menentukan Ide pokok suatu paragraf

Ide pokok atau gagasan utama adalah sebuah topik yang akan dibahas di dalam sebuah paragraf. Sebuah paragraf yang baik memiliki ide pokok dan beberapa kalimat penjelas. Ide pokok berfungsi sebagai topik pembahasan, sedangkan kalimat penjelas berfungsi untuk menjelaskan topik tersebut. Sebuah paragraf harus memiliki ide pokok dan kalimat penjelas yang berkorelasi atau saling berhubungan.

Jenis paragraf berdasarkan letak ide pokok, terbagi menjadi tiga, yaitu:

1. Paragraf deduktif, Paragraf deduktif adalah sebuah paragraf yang keberadaan ide pokoknya berada di awal,

2. Paragraf induktif. Adalah paragraph yang ide pokoknya berada di akhir

3. Paragraf campuran merupakan sebuah paragraf yang memiliki setidaknya dua ide pokok, yaitu berada di awal dan akhir

Cara Menentukan Ide Pokok

1. Membaca dengan Saksama

Mungkin ini adalah cara yang paling sederhana, kamu hanya perlu waktu dan sedikit konsentrasi untuk melakukannya. Dengan cara ini maka kamu sudah dapat menentukan mana yang dapat disebut ide pokok atau yang termasuk kalimat penjelas.

2. Pisahkan Kalimat Utama dari Kalimat Khusus

Kalimat utama biasanya akan diikuti atau didahului oleh kalimat khusus. Untuk dapat mengenali sebuah kalimat khusus, kamu dapat memperhatikan salah satu cirinya, yaitu sebuah kalimat yang berisi contoh, bukti, atau rincian khusus, sehingga jika kamu melihat adanya sebuah kalimat dengan ciri tersebut, maka itu adalah kalimat khusus. Setelah itu pisahkan keduanya, maka kamu akan mendapatkan sebuah ide pokok yang berbentuk kalimat utama.

3. Menyimpulkan Sebuah Paragraf

Ide pokok dapat menentukan sebuah simpulan dari paragraf. Oleh karena itu, dengan membaca sebuah paragraf dan kemudian menyimpulkannya maka kamu akan mendapatkan sebuah ide pokok.

Itulah tiga cara menentukan ide pokok dengan mudah yang dapat kamu praktikkan, nah sekarang mari kita lihat beberapa contoh dalam menentukan ide pokok sebuah paragraf.

IPA

(Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan, khususnya penyerbukan)

Perkembangbiakan secara generatif pada tumbuhan dimulai dengan proses penyerbukan. Penyerbukan melibatkan bagian dari tumbuhan yaitu bunga.

Bagian – bagian bunga :

1. Dasar bunga berguna sebagai tempat kedudukan bunga

2. Tangkai bunga sebagai penopang dan penyambung anatar bunga dan batang atau ranting

3. Kelopak bunga berguna untuk melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup

4. Benang sari berguna sebagai alat kelamin jantan pada bunga

5. Putik berguna sebagai alat kelamin betina pada bunga

Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan

Perkembangbiakan generatif disebut juga perkembangbiakan secara kawin. Terjadi melalui proses penyerbukan dan pembuahan.

Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan , yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.

Setelah terjadi penyerbukan , pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ke ruang bakal biji. Kemudian serbuk sari akan masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari

Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan , yaitu peleburan serbuk sari (sel kelamin jantan atau spermatozoid ) dengan kepala putik (sel kelamin betina atau sel telur)

Hasil pembuahan disebut zigot

Zigot berkembang menjadi lembaga, lembaga berkembang menjadi bakal biji, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah , kemudian bakal buah berkembang menjadi daging buah.

Lembaga yanag berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.

Tumbuhan yang berkembangbiak secara generative contohnya , padi, manga, durian dan jambu.

Macam – macam perantara penyerbukan :

Angin. Contoh tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh angin : tebu, jagung, alang-alang dan padi

Air. Contoh tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh air, anatara lain : Ganggang, Hidrilia, bakau dan enceng gondok

Serangga. Tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh serangga, Antara lain : jeruk, sawo, mangga, jambu, juga nangka. Ciri tumbuhan yang penyerbukannya dibantu serangga biasanya bunga berbau harum dan serbuk sarinya lengket sehingga mudah terbawa oleh serangga yang hinggap diatasnya.

Manusia. Tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh manusia contohnya vanili.

Penjelasan:

Maaf Cuma Segini KakSoal Nya Telah Membatasi Teks 5000 Kak

2. Rangkuman tema 6 kelas 6 subtema 1 pembelajaran 1 sampai 3 pliss harus dikumpulin


Jawaban:

tema 6 subtema 1 pembelajaran 1

berisi tentang kepedulian masyarakat terhadap lingkungan terutama bagi anak 12 tahun sampai 18 tahun (puber) karena saat puber kepedulian bagi lingkungan bisa bertambah

selain itu tema 6 subtema 1 pembelajaran satu

berisi makna proklamasi yaitu

A.Sebagai puncak perjuangan indonesia

B.sebagai awal terbentuknya NKRI

C.Sebagai titik tolak hukum kolonial menjadi hukum nasional

D.Sebagai pintu gerbang menuju massyarakat yang adil dan makmur

Penjelasan:

tadi adalah rangkuman dari tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 kelas 6

jika ingin ditulis untuk tugas kata katanya bisa diubah

semoga bermanfaat


3. rangkuman PKN kelas 6 tema 8 subtema 1​


Jawaban:

Bicara tentang rangkuman materi tema 8 kelas 6 Bumiku tak lengkap rasanya apabila kita membahas sedikit muatan yang ada dalam tema 6 ini. Materi pokok yang ada pada kd tema 8 kls 6 antara lain:

a. Kewajiban dan hak seorang pelajar.

b. Mencari informasi yang ada dalam teks nonfiksi

c. Akibat dari rotasi bumi dan revolusi bumi.

d. Mengupas tentang keadaan sosial dan alam negara-negara di Asia Tenggara.


4. Merangkum materi tematik kelas 6 tema 1 subtema 1 mapel ipatolong ya.. rangkuman nya yang jelasmakasii<33​


Jawaban:

Perkembangbiakan secara generatif pada tumbuhan dimulai dengan proses penyerbukan. Penyerbukan melibatkan bagian dari tumbuhan yaitu bunga.

Bagian – bagian bunga :

1. Dasar bunga berguna sebagai tempat kedudukan bunga

2. Tangkai bunga sebagai penopang dan penyambung anatar bunga dan batang atau ranting

3. Kelopak bunga berguna untuk melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup

4. Benang sari berguna sebagai alat kelamin jantan pada bunga

5. Putik berguna sebagai alat kelamin betina pada bunga

Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan

Perkembangbiakan generatif disebut juga perkembangbiakan secara kawin. Terjadi melalui proses penyerbukan dan pembuahan.

Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan , yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.

Setelah terjadi penyerbukan , pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ke ruang bakal biji. Kemudian serbuk sari akan masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari

Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan , yaitu peleburan serbuk sari (sel kelamin jantan atau spermatozoid ) dengan kepala putik (sel kelamin betina atau sel telur)

Hasil pembuahan disebut zigot

Zigot berkembang menjadi lembaga, lembaga berkembang menjadi bakal biji, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah , kemudian bakal buah berkembang menjadi daging buah.

Lembaga yanag berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.

Tumbuhan yang berkembangbiak secara generative contohnya , padi, manga, durian dan jambu.

Macam – macam perantara penyerbukan :

Angin. Contoh tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh angin : tebu, jagung, alang-alang dan padi

Air. Contoh tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh air, anatara lain : Ganggang, Hidrilia, bakau dan enceng gondok

Serangga. Tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh serangga, Antara lain : jeruk, sawo, mangga, jambu, juga nangka. Ciri tumbuhan yang penyerbukannya dibantu serangga biasanya bunga berbau harum dan serbuk sarinya lengket sehingga mudah terbawa oleh serangga yang hinggap diatasnya.

Manusia. Tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh manusia contohnya vanili.

Jenis-jenis Penyerbukan :

Macam-macam penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya, ada empat macam penyerbukan yaitu penyerbukan sendiri (autogami), penyerbukan tetangga (geitonogami), penyerbukan silang (alogami), dan penyerbukan bastar (hybridogamy).

1. Penyerbukan Sendiri (Autogami)

2. Penyerbukan Tetangga (Geitonogami)

3. Penyerbukan Silang (Alogami)

4. Penyerbukan Bastar (Hybridogamy)

Semoga membantu

(ʘᴗʘ✿)(ʘᴗʘ✿)


5. rangkuman tematik kelas 6 tema 1 subtema 3 PPKN pengamalan Pancasilarangkuman PPKN pengamalan Pancasila ​


Jawaban:

mana soal ny??? yaaa.....


6. rangkuman ipa dari bse tema 1 subtema 1 kelas 6 pembelajaran 1 sampai 3 ​


Jawaban:

Bagian bunga dan fungsinya.

Mahkota berfungsi menarik serangga.

Kepala putik berfungsi sebagai alat kelamin betina.

Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan.

Kelopak berfungsi melindungi bungan saat masih kuncup.

Tangkai berfungsi melekatkan bunga pada pohon.

Perkembangbiakkan Generatif pada Tumbuhan

Perkembangbiakkan generatif adalah perkembangbiakkan tumbuhan secara kawin.

Tahapan perkembangbiakkan generatif pada tumbuhan meliputi:

Perkembangbiakkan diawali dengan peristiwa menempelnya serbuk sari di atas kepala putik (penyerbukan).

Serbuk sari yang menempel di atas kepala putik akan tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ke ruang bakal biji.

Sel kelamin jantan (spermatozoid) akan turun menuju ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari tersebut.

Di ruang bakal biji, sel kelamin jantan akan melebur dengan sel kelamin betina (ovum), peristiwa ini disebut dengan pembuahan.

Hasil dari pembuahan adalah zigot.

Zigot akan berkembang menjadi lembaga.

Lembaga berkembang menjadi bakal biji.

Bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah.

Lembaga yang ada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.

Perkembangbiakan Vegetatif Alami pada Tumbuhan

Perkembangbiakkan vegetatif adalah perkembangbiakkan secara tidak kawin.

Perkembangbiakkan vegetatif dapat dibedakan menjadi dua yaitu perkembangbiakkan vegetatif alami dan perkembangbiakkan vegetatif buatan.

Perkembangbiakkan vegetatif alami adalah perkembangbiakkan secara tidak kawin tanpa ada campur tangan manusia.

Berikut merupakan contoh perkembangbiakkan vegetatif alami pada tumbuhan.

1. Umbi Batang

Umbi batang merupakan batang yang tertanam di dalam tanah dan menyimpan cadangan makanan.

Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi batang: kentang, bengkuang, dan ubi jalar.

2. Umbi Lapis

Umbi lapis adalah pelepah daun yang memiliki bentuk berlapis-lapis dan tertanam di dalam tanah.

Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi lapis adalah: bawang merah, bawang putih, bunga bakung, dan bunga tulip.

3. Umbi Akar

Umbi akar merupakan akar yang dijadikan tempat menyimpan cadangan makanan.

Contoh tanaman yang berkembangbiak dengan umbi akar adalah: singkong, wortel, lobak, dan tanaman dahlia.

4. Akar Tinggal

Akar tinggal merupakan batang yang tumbuh menjalar di dalam tanah.

Contoh tanaman yang berkembangbiak dengan akar tinggal adalah: lengkuas, jahe, kunyit, dan kencur.

5. Geragih atau Stolon

Geragih atau stolon merupakan batang yang menjalar di atas permukaan tanah.

Batang tumbuhan yang menyentuh tanah akan tumbuh akar.

BACA JUGA

Pengertian Simbiosis Mutualisme dan Contoh Simbiosis Mutualisme Terlengkap

Cara Tumbuhan Melindungi Diri

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Terhadap Lingkungan

Contoh tanaman yang berkembangbiak dengan cara geragih atau stolon adalah: strawberi, antanan, arbei, dan rumput teki.

6. Tunas

Tunas adalah bagian tumbuhan baru yang tumbuh pada tanaman induknya.

Tunas yang tumbuh tersebut jika dipotong bisa ditanam lagi.

Contoh tanaman yang berkembangbiak dengan tunas adalah: bambu, tebu, dan pisang.

7. Tunas Adventif

Tunas adventif merupakan tunas yang tumbuh di bagian tepi daun.

Contoh tanaman yang berkembangbiak dengan tunas advenif adalah cocor bebek.

Perkembangbiakan Vegetatif Buatan pada Tumbuhan

Perkembangbiakkan vegetatif buatan adalah perkembangbiakkan secara tidak kawin dengan campur tangan

Semoga membantu follow dan like


7. Rangkuman tema 6 Kelas 6 ​


Rangkuman tema 6 kelas 6 yaitu

Pembelajaran 1

Menceritakan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara.Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera.Menyampaikan perkiraan informasi berdasarkan kata kunci pada judul bacaan.

Pembelajaran 2

Menyanyikan lagu sesuai interval nada.Menjelaskan interval nada dari sebuah lagu.Menuliskan interval nada dari sebuah lagu.Menjelaskan ciri-ciri masa puber anak laki-laki dan anak perempuan.Menyebutkan kata kunci dan perkiraan informasi bacaan.

Pembelajaran 3

Mengidentifikasi perilaku positif masyarakat.Menyampaikan laporan makna proklamasi.Menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara.Menyampaikan perkiraan proklamasi berdasarkan kata kunci sesuai judul bacaan.

Pembelajaran 4

Menjelaskan interval nada pada lagu.Menyebutkan kata kunci pada bacaan.Menyampaikan perkiraan informasi bacaan.Mengidentifikasi ciri-ciri pubertas pada anak perempuan dan anak laki-laki.

Pembelajaran 5

Menyebutkan kata kunci sesuai judul bacaan.Menyebutkan perkiraan informasi berdasarkan kata kunci bacaan.Menjelaskan ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki.

Pembelajaran 6

Menyebutkan perkiraan informasi sesuai kata kunci pada judul bacaan.Menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara.Menjelaskan dampak pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara.Menuliskan daerah asal alat musik.Menyanyikan lagu sesuai interval nada.Pembahasan

Dari rangkuman materi tema 6 kelas 6 pembelajaran 1 hingga 6, materi yang dipelajari adalah

PPKN: Kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara.

Bahasa Indonesia: Informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi.

IPS: Makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

IPA: Ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan.

SBdP:

Interval nada (subtema 1 dan 3)Tari kreasi daerah (subtema 2)Pelajari lebih lanjut

Ayo Berdiskusi pada buku tema 6 kelas 6 halaman 3 pada https://brainly.co.id/tugas/34842978

Ayo Berlatih buku tema 6 kelas 6 halaman 5 pada https://brainly.co.id/tugas/37281957

Ayo Berlatih buku tema 6 kelas 6 halaman 8 pada https://brainly.co.id/tugas/26293431

--------------------------------------

Detail Jawaban

Kelas: VI

Mapel: Semua Mapel

Bab: Menuju Masyarakat Sejahtera (tema 6)

Kode: 6.-.6

#AyoBelajar


8. Bahasa Indonesia Kelas 6 Tema 3Subtema 6​


Jawaban:

1.b

2.a

3.d

4.penjelas

5.pernyataan umum

6.kata baku

Penjelasan:

semoga membantu

Jawaban:

1. B

2. A

3. B

4. penjelas

5. pernyataan umum

6. kata baku

Penjelasan:

semoga membantu

terimakasih


9. kelas 6 tema 7 penilain subtema subtema 3 bahasa Indonesia​


mana soalnya???

woeeeee

Jawaban:

jalan jalan / pariwisata

Penjelasan:

jadikan jawaban yang terbaik/ tercerdas ya


10. Tema 6 Subtema 3 Romawi 3 kelas 6​


Jawaban:

1. nomor 2) cara mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif

2. untuk mendapatkan informasi dari suatu karangan cerita nonfiksi

3. orientasi

4. teks visual

5. nomor 1) teks atau tulisan yang dibuat berdasarkan imajinasi penulis

Penjelasan:

maaf kalo salah ya:)


11. buatlah rangkuman materi pembelajaran kelas 6 tema 1 selamatkan makhluk hidup subtema 1​


Jawaban:

Rangkuman Materi Tema 1 Kelas 6 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 1 Pembelajaran 4

Pada pembelajaran 4 ini terdiri dari 2 muatan pelajaran, yaitu: Bahasa Indonesia dan PPKn. Sedangkan tujuan pembelajaran pada pembelajaran 4 ini, kurang lebih sebagai berikut:

Siswa mampu menyebutkan ciri ciri kesimpulan yang baik dan benar.

Siswa mampu memberikan contoh penerapan nilai nilai sila ketiga Pancasila.

Untuk materi selengkapnya bisa adik adik baca pada penjelasan berikut ini.

Muatan PPKn

Sila ketiga Pancasila berbunyi Persatuan Indonesia. Dengan lambang Pohon beringin. Makna dari sila ketiga Pancasila adalah suatu wujud kebulatan yang utuh dari berbagai aspek kehidupan, meliputi: ideologi, politik, sosial dan budaya serta pertahanan keamanan. Yang semuanya bisa terwujud dalam sebuah wadah yaitu negara Indonesia. Dan berikut ini beberapa nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila, antara lain:

NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Kerjasama.

Cinta persatuan dan perdamaian.

Tidak egosentris.

Dan berikut ini contoh penerapan dan pengamalan sila ketiga pancasila dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

1. Menjaga persatuan dalam masyarakat.

2. Mengutamakan kepentingan utama diatas kepentingan pribadi dan golongan.

3. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa

4. Cinta tanah air

5. Bangga sebagai bangsa Indonesia

6. Menjaga ketertiban dunia

7. Membela tanah air

8. Cinta dan mau memakai produk dalam negeri.

Muatan Bahasa Indonesia

Berikut ini beberapa cara membuat kesimpulan dari sebuah teks yang dibaca maupun didengar, antara lain:

1. Baca secara intensif teks dari awal sampai akhir

2. Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraph

3. Buat kesimpulan dari masing-masing paragraph

Sedangkan ciri-ciri kesimpulan yang baik antara lain:

1. Menggunakan Bahasa yang baik dan benar serta mudah dipahami.

2. Menggunakan kosakata yang baku.

3. Tidak bertele-tele.

4. Berisi pokok pembicaraan

5. Dimulai dari hal yang khusus ke umum.

6. Dibuat berdasarkan ide pokok dan kata kunci dari sebuah teks.

7. Merupakan intisari dari teks tersebut


12. Kelas 6 tema 3 subtema 2 pembelajaran/4


1. Apa arti dari masing-masing rambu tersebut?

(1) Dilarang berjalan terus, wajib berhenti sesaat dan meneruskan perjalanan setelah mendapat kepastian aman dari alu lintas arah lainnya.

(2) Dilarang berjalan terus apabila mengakibatkan rintangan, hambatan, gangguan bagi lalu lintas dari arah lain yang wajib didahulukan.

(3) Dilarang berjalan terus pada persilangan-persilangan sebidang lintasan kereta api, jalur tunggal, wajib berhenti untuk mendapat kepastian aman.

(4) Larangan masuk bagi kendaraan bermotor.

(5) Rambu pendahulu petunjuk jurusan yang menyatakan lajur kiri yang harus dilewati untuk jurusan yang dituju.

(6) Rumah sakit.

(7) Rambu petunjuk jurusan Dieng dengan jarak 10 km.

2. Apa manfaat rambu-rambu tersebut bagi pengguna jalan? Sebagai aturan yang harus ditaati ketika berada di jalan raya untuk menghindari adanya kecelakaan.

3. Jika rambu-rambu tersebut tidak ada, apa pengaruhnya terhadap pengguna jalan? Jika tidak ada rambu lalu lintas maka lalu lintas tidak akan berjalan dengan lancar (macet) dan banyak terjadi kecelakaan lalu lintas.

4. Apakah kamu pernah melihat rambu-rambu lain di jalan? Jelaskan tentang rambu tersebut. Pernah, tanda P dicoret sama dengan dilarang parkir

Ayo Lakukan

Amati rambu-rambu diatas. Apakah bentuk rambu-rambu termasuk poligon? Mengapa? Apakah bentuk-bentuk tadi mempunyai simetri lipat? Rambu-rambu di atas termasuk poligon kecuali nomor (4). Rambu tersebut termasuk poligon karena merupakan kurva tertutup sederhana dan memiliki sisi berupa garis lurus.



13. Rangkuman kelas 6 tema 1 subtema 1 pelajaran 1....Yang lengkap ya.....nanti kalau betul aku follow​


Ide Pokok, Kalimat Utama dan Kalimat Pendukung

Sebelum memulai jauh mari kita ingat tentang “ide pokok.” Ide pokok adalah ide atau gagasan yang dapat menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok biasanya terdapat pada kalimat utama. Ide pokok juga memiliki nama lain yaitu gagasan utama atau gagasan pokok.

Sementara itu kalimat utama adalah kalimat yang mengandung inti bahasan dalam sebuah paragraf. Kalimat utama digunakan untuk membangun atau merangkai seluruh isi paragraf. Kalimat utama juga ditopang oleh kalimat penjelas. Fungsi kalimat penjelas adalah menjelaskan kalimat utama dalam tiap paragraf.

Coba perhatikan contoh singkat untuk membedakan kalimat utama, ide pokok atau gagasan pokok.

Bayu pergi ke Pasar Minggu di hari Sabtu. Bayu membeli buah-buahan dan sayur-sayuran yang telah ia rencanakan. Di sana Bayu bertemu dengan dengan Pak Budi yang merupakan tetangganya. Setelah membeli semua yang ia catat, Bayu langsung bergegas pulang.

Coba kalian lihat dengan seksama. Kalimat utama pada paragraf tersebut adalah “Bayu pergi ke Pasar Minggu di hari Sabtu.” Mengapa demikian, karena kalimat selanjutnya menjelaskan aktivitas Bayu di pasar, dari mulai apa yang ia beli sampai dengan siapa ia bertemu.

Nah, selain itu kalimat utama seringkali berada di awal paragraf. Jadi jika kalian ingin mencari kalimat utama yang paling pertama musti kalian lalukan adalah cermati kalimat pertama pada paragraf pertama, lalu perhatiakan kalimat ke dua, apakah kalimat kedua merupakan penjelasan dari kalimat pertama. Jika iya, maka dapat dipastikan kalimat pertama tersebut adalah kalimat utama pada paragraf.


14. kelas 6 tema 7 subtema 1 pembelajaran 6​


Jawaban:

Halaman 46

Tuliskan pokok-pokok pikiran dari bacaan "Komandan Damkar Meninggal saat Menyelamatkan Anak Buahnya".

Jawaban:

- Paragraf 1 : Petugas pemadam kebakaran (damkar) bertaruh nyawa saat memadamkan api.

- Paragraf 2 : Kronologis/peristiwa meninggalnya pak Subandi.

- Paragraf 3 : Pemimpin yang mampu menumbuhkan semangat anak buahnya.

- Paragraf 4 : Pengalaman pak Suhada dalam bertugas.

- Paragraf 5 : Tulus dan tanpa mengeluhnya pak Suhada dalam menjalankan tugas.

- Paragraf 6 : Risiko pekerjaan pak Suhada sebagai petugas pemadam kebakaran.

Halaman 47

1. Apa yang dapat kamu teladani dari petugas pemadam kebakaran?

Jawaban:

Berani, selalu bekerja sama, rela berkorban, tulus bertugas, pantang menyerah, peduli dengan sesama.

2. Nilai Ketuhanan apakah yang diterapkan oleh petugas pemadam kebakaran?

Jawaban:

Berdoa sebelum bertugas, selalu berdoa selama bertugas, selalu bersyukur setelah melaksanakan tugas.

3. Nilai kemanusiaan apakah yang diterapkan oleh petugas pemadam kebakaran?

Jawaban:

Rela berkorban untuk orang lain, peduli dengan sesama, selalu berusaha menolong orang lain yang terkena musibah kebakaran.

4. Apa yang dapat kamu lakukan dalam upaya ikut membantu lingkunganmu menerapkan nilai-nilai keTuhanan dan kemanusiaan?

Jawaban:

- Rajin beribadah

- Selalu berdoa dalam segala aktivitas

- Selalu bersyukur

- Menghormati dan menghargai baik dengan yang seagama maupun dengan yang berbeda agama

- Rela berkorban

- Menengok tetangga yang sakit/terkena musibah

- Suka menolong tanpa pamrih

halaman 49

Apa judul lagu tersebut

Jawaban: Gundul-gundul Pacul

Dari daerah mana asal lagu tersebut?

Jawaban: Berasal dari daerah Jawa Tengah

Apa nada dasar yang digunakan pada lagu tersebut?

Jawaban: Nada dasarnya adalah Do=C

Apa tanda tempo yang digunakan pada lagu tersebut?

Jawaban: Tanda tempo yang digunakan adalah 4/4 Moderato

Apa arti tanda tempo tersebut?

Jawaban: Dari tanda tempo tersebut adalah dinyanyikan dengan tempo sedang

Penjelasan:

Semoga membantu

15. Rangkuman materi tema 2 subtema 2 pembelajaran 3 kelas 6 hal 63-75


Rangkuman materi buku tema 2 kelas 6 halaman 63-75 adalah

Halaman 63

Kerja sama merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan sebuah kelompok.

Halaman 64-65

Bermain Ayam dan Elang

A. Cara Bermain

Membuat kelompok yang terdiri atas 8-10 siswa.Salah seorang sebagai elang dan salah seorang sebagai induk ayam. Sisanya akan berperan sebagai anak ayam.Elang akan mengejar dan menangkap anak ayam satu per satu.Induk ayam akan berjuang untuk melindungi anak-anaknya.

B. Peraturan Permainan

Jika elang dapat menangkap semua anak ayam, maka elang dan anak-anak yang ditangkap akan berganti peran menjadi induk ayam dan anak-anak ayam.Sedangkan induk ayam yang tidak dapat menjaga anaknya akan berganti peran menjadi elang.

Gerakan Lari

Gerak utama ketika berlari adalah gerakan langkah kaki dan ayunan lengan. Selain itu, perlu memperhatikan kecondongan badan (disesuaikan dengan jenis lari), pengaturan napas, serta harmonisasi gerakan lengan dan tungkai Yang paling menentukan kecepatan dalam berlari adalah panjang langkah dan kerapatan langkah.

Langkah kaki terdiri atas tahap menumpu dan tahap melayang. Dalam proses berlari, gerakan dimulai dengan kaki menumpu, kemudian tahap mendorong (kaki tolak), serta gerakan kaki ayun.

Halaman 66

Peta pikiran pada bacaan Pertempuran Ambarawa yaitu

1. Kapan tentara sekutu mendarat di Semarang?

Jawaban: Pada 20 Oktober 1945.

2. Siapa pimpinan tentara sekutu tersebut?

Jawaban: Brigadir Bethell.

3. Apa tujuan tentara sekutu mendarat di Semarang?

Jawaban: Untuk mengurus tawaban perang.

4. Di mana pasukan sekutu dan NICA mempersenjatai para tawanan sehingga menimbulkan kemarahan pihak Indonesia?

Jawaban: Di Ambarawa dan Magelang.

5. Mengapa insiden antara TKR dan pasukan gabungan Inggris dan NICA terhenti?

Jawaban: Karena Soekarno dan Brigadir Bethell melakukan perundingan dan memperoleh kata sepakat.

6. Bagaimana Soedirman memenangkan pertempuran Ambarawa?

Jawaban: Soedirman menggunakan taktik gelar supit urang, atau pengepungan rangkap dari kedua sisi, sehingga musuh benar-benar terkurung.

Pembahasan

Halaman 71-72

Cara hewan beradaptasi yaitu

Kamuflase: Cara hewan menyesuaikan diri dengan kondisi tempat yang sesuai dengan tubuhnya, misalnya belalang daun dan belalang sembah. Mimikri: Cara hewan menyesuaikan diri dengan mengubah warna kulitnya sesuai dengan tempatnya berada. Contoh bunglon.Autotomi: Cara hewan menyesuaikan diri dengan melepas bagian tubuh. Contoh. Kadal dan cicak.Menggulungkan diri: Cara hewan mneyesuaikan diri dengan menggulungkan tubuhnya. Contoh: Trenggiling dan lipan.Pelajari lebih lanjut

Sekarang, ayo cari tahu bagaimana hewan berikut menyesuaikan diri pada https://brainly.co.id/tugas/12251543

Bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya pada https://brainly.co.id/tugas/3482332

Apa saja upaya yang dilakukan oleh rakyat di Ambarawa untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada https://brainly.co.id/tugas/17518471

--------------------------------------------

Detail Jawaban

Kelas: VI

Mapel: Pkn, IPA, Bahasa Indonesia, Penjasorkes

Bab: Persatuan dalam Perbedaan (tema 2)

Kode: 6.9.2, 6.4.2, 6.1.2, 6.22.2

#AyoBelajar


16. kunci jawaban tema 1 kelas 6 subtema 3


Jawaban:

Salah dua negara ASEAN adalah Singapura dan Indonesia

Penjelasan:

Kamu sudah memiliki informasi tentang dua negara ASEAN dan mengumpulkan informasi tentang kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politiknya.

Ambillah seluruh informasi yang kamu miliki. Tulislah informasi lengkap dari kedua negara ASEAN tersebut meliputi kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politiknya.

Indonesia

sosial budaya: memiliki budaya yang kaya, tingkat korupsi masih tinggi, memiliki sumber daya manusia yang melimpah khususnya usia produktif

ekonomi:  memiliki sumber daya alam yang melimpah, pertumbuhan ekonomi tergolong tinggi

politik: negara hukum berbentuk kesatuan dengan pemerintahan republik dan sistem pemerintahan presidensial dengan sifat parlementer.

Singapura

sosial budaya:  maju dan makmur,negara dengan perkembangan infrastruktur mutakhir

ekonomi:  paling terbuka di dunia, korupsi terendah ke-7, paling pro bisnis, dengan pajak rendah, PDB per kapita tertinggi ketiga dunia.

politik:  republik berparlimen.

Pelajari lebih lanjut tentang materi ASEAN https://brainly.co.id/tugas/31053694

#BelajarBersamaBrainly


17. rangkuman tema 1 subtema 1 pembelajaran 1 kelas 6​


jawaban:

PENJELASANTENTANGJAGUNG

jagungmerupakansalahsatutanamanyangdijadikanbahanmakananpokokdiberbagainegarasalahsatunyadiIndonesia.diIndonesia,pendudukpulauMaduramenjadikanjagungsebagaimakananpokoknya

BAGAIMANACARAJAGUNGBERKEMBANGBIAK?

bungajagungmemilikihelai-helairambuthaluspadabagianujungnya.padahelairambut tersebutterdapattepungsari.tepungsariyangterbawaangin,sebagianakanjatuhdikepalaputikyangterletakdibagianbawahbungapadapohonjagungyanglain.ketikaitulahterjadipembuahan

selengkapnyaadadigambar!

maafjikasalah

semogamembantu


18. soal tema 3 subtema 1 kelas 6​


Jawaban:

Pertanyaan halaman 3:

- Paragraf 1: Apa topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis?

-Paragraf 2: Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik?

b. Bagaimana proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga sampai di rumah penduduk? Jelaskan secara berurutan!

-Paragraf 3: Apa yang terjadi dengan arus listrik saat tiba di rumah warga? Jelaskan secara berurutan!

b. Apa manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga?

c. Apa perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel?

- Paragraf 4: Apa kesimpulan dari isi teks tersebut?

- Paragraf 5: Adakah pesan yang disampaikan oleh penulis? Jelaskan dengan singkat!

Pertanyaan halaman 4:

Kenali setiap bagian komponen tersebut kemudian tuliskan dalam tabel berikut beserta fungsinya!

Pertanyaan halaman 5:

1. Bagaimana posisi lempengan logam untuk membuat lampu menyala?

2.Apa komponen yang sebaiknya digunakan untuk mengganti lempengan logam tersebut, yang biasanya terdapat pada rangkaian lampu di rumah?

Tuliskan proses perjalanan arus listrik pada rangkaian listrik senter tersebut secara rinci dan berurutan!

Pertanyaan halaman 6:

Tentukan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat 1 rangkaian sederhana! Tuliskan pada tabel berikut!

Pertanyaan halaman 7:

Tuliskan hasil diskusimu pada bagan berikut!

Beragam benda dan peralatan rumah tangga sebelum ada listrik:

Penjelasan:

semoga membantu


19. soal dan jawaban kelas 6 tema 3 subtema 2 ​


Jawaban:

manasoalnya?

kunci jawabannya yaitu cari di LKS nya pasti ada


20. Buatlah rangkuman materi tema 1 subtema 2 kelas 6!!cpt besok d kumpulin​


Penjelasan:

Itu kamu yang punya bukunya jadi kamu yang bisa rangkum.


Video Terkait


Previous Post
Next Post

0 comments: