Monday, December 19, 2022

Pertanyaan Tentang Saluran Pemasaran


Pertanyaan Tentang Saluran Pemasaran

Saluran pemasaran merupakan jalan yang dilalui dalam memasarkan suatu barang. Pemasaran suatu barang yang lemah dapat disebabkan saluran pemasaran...

Daftar Isi

1. Saluran pemasaran merupakan jalan yang dilalui dalam memasarkan suatu barang. Pemasaran suatu barang yang lemah dapat disebabkan saluran pemasaran...


saluran pemasaran yang buruk seperti jarak terlalu jauh sehingga ongkos menjadi lebih mahal

2. Jelaskan mengenai saluran pemasaran dan peran saluran pemasaran bagi perusahaan​


Jawaban:

Saluran Pemasaran (marketingchanels) adalah sekelompok organisasi yang saling bergantung dan terlibat dalam proses pembuatan produk atau jasa yang disediakan untuk digunakan atau dikonsumsi. Saluran pemasaran merupakan seperangkat alur yang diikuti produk atau jasa setelah produksi, berakhir dalam pembelian dan digunakan oleh pengguna akhir. Beberapa perantara seperti pedagang grosir dan eceran yang membeli berhak untuk menjual kembali barang dagangan disebut pedagang. Perantara lainnya, seperti broker, perwakilan produsen, agen penjual, mencari pelanggan dan dapat bernegosiasi atas nama produsen tetapi tidak memiliki hak atas barang. Oleh karena itu mereka disebut agen. Masih ada perantara lain, seperti perusahaan transportasi, gudang independent, bank, agen periklanan, yang membantu dalam proses distribusi, tetapi juga tidak memiliki hak atas barang dan tidak menegosiasi pembelian atau penjualan. Mereka disebut fasilitator.

Peran Saluran Pemasaran

Saluran pemasaran berperan untuk menggerakkan barang dari produsen ke konsumen. Saluran pemasaran mengatasi kesenjangan waktu, tempat, dan kepemilikan yang memisahkan barang dan jasa dari mereka yang memerlukan atau menginginkannya.

Dalam mengatasai kesenjangan waktu dan tempat dalam menjalankan tugasnya sebagai perantara yang menyampaikan barnag dan jasa dari produsen kepada pelanggan, saluran pemasaran memiliki penaranan sebagai berikut:

Mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan calon pelanggan, pihak yang telah menjadi pelanggan, pesaing dan pihak-pihak lain yang menjadi ikut serta dalam kegiatan pemasaran tersebut.

Mengembangkan dan menyebarkan komunikasi persuasive untuk merangsang pembelian.

Mencapai kesepakatan mengenai harga dan ketentuan-ketentuan lainnya sehingga transaksi dapat terjadi

Keputusan Rancangan Saluran

Perancangan system saluran pemasaran membutuhkan analisis kebutuhan konsumen, menetukan tujuan saluran, sereta mengindentivikasi dan mengevaluasi alternative saluran utama. Dalam merancang saluran pemasaran, pemasar harus memahami tingkat output jasa yang diinginkan pelanggan sasaran. Saluran menghasilkan 3 output jasa yaitu:

1.Ukuran lot, yaitu jumlah unit yang diijinkan saluran untuk dibeli oleh pelanggan umum dalam satu peristiwa

2.Waktu tunggu dan waktu pengiriman, yaitu rata-rata waktu tunggu pelanggan saluran untuk menerima barang

3.Kenyamanan spasial, yaitu tingkat di mana saluran pemasaran membuat konsumen lebih mudah membeli produk


3. Jelaskan mengenai saluran pemasaran dan peran saluran pemasaran bagi perusahaan​


Jawaban:

Saluran Pemasaran (marketingchanels) adalah sekelompok organisasi yang saling bergantung dan terlibat dalam proses pembuatan produk atau jasa yang disediakan untuk digunakan atau dikonsumsi. Saluran pemasaran merupakan seperangkat alur yang diikuti produk atau jasa setelah produksi, berakhir dalam pembelian dan digunakan oleh pengguna akhir. Beberapa perantara seperti pedagang grosir dan eceran yang membeli berhak untuk menjual kembali barang dagangan disebut pedagang. Perantara lainnya, seperti broker, perwakilan produsen, agen penjual, mencari pelanggan dan dapat bernegosiasi atas nama produsen tetapi tidak memiliki hak atas barang. Oleh karena itu mereka disebut agen. Masih ada perantara lain, seperti perusahaan transportasi, gudang independent, bank, agen periklanan, yang membantu dalam proses distribusi, tetapi juga tidak memiliki hak atas barang dan tidak menegosiasi pembelian atau penjualan. Mereka disebut fasilitator.

Peran Saluran Pemasaran

Saluran pemasaran berperan untuk menggerakkan barang dari produsen ke konsumen. Saluran pemasaran mengatasi kesenjangan waktu, tempat, dan kepemilikan yang memisahkan barang dan jasa dari mereka yang memerlukan atau menginginkannya.

Dalam mengatasai kesenjangan waktu dan tempat dalam menjalankan tugasnya sebagai perantara yang menyampaikan barnag dan jasa dari produsen kepada pelanggan, saluran pemasaran memiliki penaranan sebagai berikut:

Mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan calon pelanggan, pihak yang telah menjadi pelanggan, pesaing dan pihak-pihak lain yang menjadi ikut serta dalam kegiatan pemasaran tersebut.

Mengembangkan dan menyebarkan komunikasi persuasive untuk merangsang pembelian.

Mencapai kesepakatan mengenai harga dan ketentuan-ketentuan lainnya sehingga transaksi dapat terjadi

Keputusan Rancangan Saluran

Perancangan system saluran pemasaran membutuhkan analisis kebutuhan konsumen, menetukan tujuan saluran, sereta mengindentivikasi dan mengevaluasi alternative saluran utama. Dalam merancang saluran pemasaran, pemasar harus memahami tingkat output jasa yang diinginkan pelanggan sasaran. Saluran menghasilkan output jasa yaitu:

1.Ukuran lot, yaitu jumlah unit yang diijinkan saluran untuk dibeli oleh pelanggan umum dalam satu peristiwa

2.Waktu tunggu dan waktu pengiriman, yaitu rata-rata waktu tunggu pelanggan saluran untuk menerima barang

3.Kenyamanan spasial, yaitu tingkat di mana saluran pemasaran membuat konsumen lebih mudah membeli produk


4. saluran pemasaran zaman OLD dan zaman NOW telah berubah menurut anda apa saja perubahan yg terjadi pada saluran pemasaran zaman OLD dengan zaman NOW ?


Saluran pemasaran zaman old dan zaman now telah berubah, menurut anda apa saja perubahan yang terjadi pada saluran pemasaran zaman old dengan zaman now. Saluran pemasaran merupakan salah satu faktor suatu produk sampai ditangan konsumen.

Konsumen zaman old tentu berbeda dengan konsumen zaman now, konsumen zaman old masih menggunakan pemasaran yang tergolong biasa, seperti hanya menelpon atau menggunakan surat pemesanan. Untuk zaman now, penggunaan teknologi sudah digunakan dalam pemasaran. Seperti menggunakan media sosial, IG, model dropship, bahkan marketplace. Penggunaan teknologi zaman now memang tidak bisa dihindari, karena konsumen juga menggunakan teknologi di keseharian mereka. Aplikasi-aplikasi belanja online juga sudah marak digunakan sehari-hari, cukup menunggu dirumah maka barang yang dipesan sudah sampai.

Demikian pembahasan pemasaran zaman old dan zaman now, penggunaan teknologi pada pemasaran zaman now menjadi pembeda. Untuk membaca materi lebih banyak mengenai pemasaran dapat dibaca pada link berikut

Pemasaran dalam usaha brainly.co.id/tugas/9761692

Detil tambahan
Kelas : 2 SMA
Materi : Pemasaran
Kata kunci : Pemasaran dalam usaha





5. Saluran pemasaran pada usaha transportasi dan logistik


berpindah tempat secara cepat atau mengirim barang secara cepat dan agar dapat segera samapai di tempat yang kita tuju dengan waktu yang cepat dan aman.

MAAF KALAU SALAH :)

6. Beberapa keputusan penting yang harus diperhatikan oleh manajemen dalam memutuskan saluran pemasaran, yaitu : memilih anggota saluran, melatih dan memotivasi anggota saluran, mengevaluasi anggota saluran, memodifikasi rancangan dan pengaturan saluran. Dalam hal mengelola saluran pemasaran, keputusan apa saja yang bisa dilakukan perusahaan ? Mohon di bantu jawab donk


Melakukan pemilihan terhadap anggota saluran pemasaran, melatih anggota, memodifikasi rancangan, dan juga mengatur saluran pemasaran adalah beberapa keputusan penting yang ada pada manajemen pemasaran. Jenis keputusan yang bisa diciptakan oleh perusahaan dalam mengelola saluran pemasaran adalah:

Strategi dorong: jenis strategi dalam manajemen pemasaran yang mendorong tenaga penjual untuk melakukan promosi yang lebih kuat sehingga produsen bisa menjual barang kepada konsumen akhir dengan jumlah yang lebih banyak.Strategi tarik: jenis strategi dalam manajemen pemasaran yang dilakukan dengan menciptakan promosi dan komunikasi yang baik sehingga para distributor tertarik untuk membeli barang dari produsen.

Pembahasan

Manajemen pemasaran adalah salah satu ruang lingkup dalam manajemen yang merupakan kegiatan mengenalkan dan mempromosikan suatu barang atau jasa kepada konsumen untuk meningkatkan ketertarikan para calon konsumen untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Secara sederhana, tujuan utama dari manajemen pemasaran adalah memberikan informasi mengenai kelebihan yang ada pada produk untuk bisa mendorong penjualan dari produk tersebut dan tujuan perusahaan bisa terwujud. Secara garis besar, ada dua jenis strategi pemasaran yang bisa digunakan oleh perusahaan:

Strategi dorong: strategi yang dilakukan untuk mendorong para distributor untuk menjual barang dengan kuantitas lebih banyak kepada para konsumen akhir, contohnya dengan memberikan bonus kepada distributor ketika sudah mencapai target.Strategi tarik: strategi yang dilakukan dengan meningkatkan ketertarikan para distributor untuk membeli produk dari perusahaan, contohnya dengan menggunakan iklan.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang manajemen produksi dan manajemen operasi https://brainly.co.id/tugas/27081301Materi tentang manajemen keuangan dalam perusahaan https://brainly.co.id/tugas/10268437Materi tentang manajemen sumber daya manusia https://brainly.co.id/tugas/24703049

Detail jawaban

Kelas: 10

Mapel: Wirausaha

Bab: -

Kode: 10.23

#AyoBelajar #SPJ2 


7. Mengapa saluran pemasaran memperoleh keuntungan yang besar


Jawaban:

Karena Saluran Tersebut adalah tempat untuk memperjualbelikan produk dan platform untuk promosi


8. jelaskan 7 saluran pemasaran langsung​


Jawaban:

Saluran saluran ini mencakup:

1. Surat langsung

Pemasaran surat langsung adalah pengiriman tawaran, pemberitahuan, alat pengingat kepada seseorang.

Surat langsung merupakan satu medium yang popular karena surat langsung memungkinkan selektivitas pasar sasaran, dapat di personalisasikan,luwes dan memungkinkan pengujian dini, serta pengukuran tanggapan

2. Pemasaran katalog

Perusahaan mungkin akan mengirimkan katalog dagangan lini lengkap, katalog konsumen untuk barang khusus, dan katalog bisnis biasa nya dalam bentuk cetakan, CD, video, online. Keberhasilan bisnis katalog bergantung pada kemampuan perusahaan tersebut mengelola daftar piutang macet, mengendalikan persediaan dengan hati hati, menawarkan barang dagangan yang bermutu, dan memproyeksikan citra yang jelas.

3. Telemarketing

Telemarketing merupakan penggunaan telepon dan pusat layanan telepon (call center). Telemarketing membantu perusahaan untuk menaikkan pendapatan, mengurangi biaya penjualan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Contoh telemarketing ini banyak dilakukan pada produk kartu kredit.

Terdapat 4 jenis telemarketing yaitu:

1). Tele-penjualan (telesales)

2). Tele-jangkauan (telecoverage)

3). Teleprospekting (teleprospecting

4). Layanan pelanggan dan dukungan teknis.

4. New wafe marketing

New wafe marketing merupakan dekonstruksi terhadap pendekatan pemasaran tradisional yang menggunakan media massa. Dan hanya satu arah (one-way)sehingga tidak memungkinkan terjadi nya interaksi antara produk yang dipasarkan dengan konsumen.

5. Mass marketing

Pemasaran massal adalah strategi cakupan pasar, ini adalah suatu jenis pemasaran untuk menjual persuasi suatu produk kepada khalayak luas.

6. Database marketing

Pemasaran berdasarkan basis data (database markering) adalah proses membangun, memelihara, dan menggunakan basis data pelanggan, dengan tujuan melakukan kontak dan transaksi dengan pelanggan.

7. Bussines to consumer marketing (B2C)

B2C adalah bentuk kampanye pemasaran yang perusahaan dapat di gunakan untuk publikasi barang dan jasa.

Pemasaran B2C juga melibatkan iklan melalui media cetak, televisi, radio untuk komunikasi yang lebih baik.

8. Community marketing

Komunitas pemasaran adalah strategi untuk melibatkan penonton dalam prospek, aktif, non-intrusif dan percakapan pelanggan.

Komunitas pemasaran berfokus kepada kebutuhan pelanggan yang ada.

Penjelasan:

semoga membantu#

semangat belajar:))


9. gambarla saluran pemasaran​


Jawaban:

mana gmnar nya saya tidak.bisa jawab ade

Jawaban:

Jenis-jenis Saluran Distribusi Pemasaran (Distribution Channel) – Suatu produk yang telah diproduksi memerlukan jalur untuk memasarkannya sehingga dapat menjangkau konsumennya. Konsumen yang ingin dicapai tersebut kemungkinan tersebar di berbagai wilayah geografis yang sangat luas. Oleh karena itu, produsen membutuhkan bantuan dari berbagai perantara pemasaran seperti pedagang grosir atau pengecer untuk membuat produk-produk mereka ini menjangkau konsumen akhirnya.

Perantara ini akan berfungsi sebagai “saluran” untuk menjangkau konsumen yang ditargetkan oleh produsen, sedangkan cara produk menjangkau konsumen akhir ini disebut dengan saluran distribusi. Jumlah perantara yang terlibat dalam saluran distribusi ini biasanya disebut dengan Tingkatan Saluran Distribusi Pemasaran dan dapat diklasifikasikan menjadi 2 kategori utama.

maaf kalo kurang tepat :v


10. Adanya berbagai macam perantara membuat produsen harus menentukan saluran pemasaran mana yang akan digunakan.Bagaimana perusahaan selaku perodusen harus mengelola saluran pemasarannya sehingga terintegrasi saluran pemasarannya?  ​


Peran utama saluran pemasaran adalah mengubah pembeli potensial menjadi pelanggan yang menguntungkan, tidak hanya melayani pasar namun harus membentuk pasar.

Pilihan saluran tergantung pada strategi pemasaran perusahaan dengan memperhatikan segmentasi, penentuan target dan positioning.

Perkembangan saluran

Sistem saluran pemasaran berkembang sesuai dengan fungsi peluang dan kondisi local, ancaman dan peluang yang muncul, sumber daya dan kapabilitas perusahaan, dan faktor – faktor lain.

Saluran Hibrida

Perusahaan yang berhasil saat ini melipatgandakan jumlah “kunjungan ke pasar” atau saluran hibrida ( hybrid channels ) di banyak wilayah pasar.

Perusahaan yang mengelola saluran hibrida harus memastikan bahwa saluran – saluran tersebut bekerjasama dengan baik dan menyesuaikan diri dengan cara pelaksanaan bisnis yang disukai setiap pelanggan sasaran.

Pelanggan mengharapkan integrasi saluran, yang ditentukan karakternya oleh fitur – fitur seperti :

·         Kemampuan untuk memesan produk secara online dan memilihnya di lokasi eceran yang nyaman.

·         Kemampuan untuk mengembalikan produk yang dipesan secara online ke took pengecer terdekat.

·         Hak untuk menerima tawaran diskon dan promosi berdasarkan total pembelian online dan offline.


11. Pihak yang menyediakan, menyalurkan dan memasarkan suatu produk tertentu adalah …​


Jawaban:

Distributor

Penjelasan:

Distributor adalah suatu badan usaha atau perorangan yang bertanggungjawab untuk mendistribusikan atau menyalurkan produk perdagangan, baik itu barang maupun jasa, ke retailer atau konsumen akhir.


12. apakah saluran distribusi itu penting dalam pemasaran


ya karena arus distribusi juga berguna untuk mempromosikan barang

13. Apa yang dimaksud dengan Manajemen Pemasaran, Strategi Pemasaran, dan Saluran Pemasaran itu? Jelaskan!


Manajemen Pemasaran adalah alat analisis,perencanaan, penetapan dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntunglan dengan maksud untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh laba.

Strategi Pemasaran
adalah Pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran,alokasi pemasaran dalam hubungan keadaan lingkungan uang diharapkan dan kondisi persaingan.

Saluran Pemasaran
adalah sekelompok organisasi yang saling bergantung mempunyai beragam fungsi serta terlibat dalam pembuatan produk atau jasa yang disediakan untuk digunakan atau konsumsi.

14. saluran pemasaran zaman OLD dan zaman NOW telah berubah menurut anda apa saja perubahan yg terjadi pada saluran pemasaran zaman OLD dengan zaman NOW ?


Pamasaran zaman NOW sudah berbeda, sekarang penasaran sudah melalui sosial media, seperti youtube, website, video, baliho, instagram, maketplace, sedangkan pada zaman old mungkin pembagian selebaran, poster, tv.

15. Contoh saluran pemasaran yang terintegrasi


MERANCANG DAN MENGELOLA

KOMUNIKASI PEMASARAN TERINTEGRASI


I.     PERAN  KOMUNIKASI  PEMASARAN

          Komunikasi Pemasaran (marketing communication) adalah sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen, secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang di jual.

#   Lingkungan Komunikasi Pemasaran yang Sedang Berubah

Perubahan lingkungan dari praktik tradisional menjadi lingkungan teknologi yang lebih canggih sangat mengganggu efektivitas media massa.




       #   Komunikasi Pemasaran, Ekuitas Merek, dan Penjualan

            Meski iklan sering menjadi elemen pusat dalam program komunikasi pemasaran, namun iklan bukan satu – satunya dalam membentuk ekuitas merek dan mendorong penjualan.

Bauran Komunikasi Pemasaran (marketing communication mix) terdiri dari delapan model komunikasi utama :

1.    Iklan => Semua bentuk terbayar dari presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang atau jasa melalui sponsor yang jelas. Contoh : Iklan produk segar sari yang diperankan oleh rafi ahmad yang ditayangkan di televise.


16. Kenapa sangat penting saluran pemasaran dan distribusi fisik.


Jawaban:

Tanpa adanya saluran pemasaran, konsumen akan kesulitan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkannya.


17. mengapa saluran pemasaran itu penting ?​


Jawaban:

karena jika tidk ada saluran pemasaran sebuah kegiatan jual beli akan tidak tercapai di sebuah pasar.

Penjelasan:

maaaf klo salaah

Jawaban:

Karena untuk kita belanja kebutuhan sehari hari

18. saluran pemasaran zaman OLD dan zaman NOW telah berubah menurut anda apa saja perubahan yg terjadi pada saluran pemasaran zaman OLD dengan zaman NOW ?


yang berubah dari pemasaran dari zaman OLD dengan zaman NOW adalah kalau zaman Old pemasaran nya terjadi interaksi langsung antara penjual dan pembeli dan barang dagangan nya langsung di lihat scars kasat mata dan langsung bisa di sentuh, sedangkan pemasaran zaman Now orang bisa memasarkan barangnya hanya menggunakan jempol saja tingal klik barang yg akan Dia pasrkan selesai kemudian uangnya langsung masuk di Rekening tidak perlu capek menjajakan barang nya ke rumah2 orang.

19. Saluran dalam bisnis online atau pemasaran online


jawaban : internet, contohnya seperti search engine (SEO), iklan pay-per-click (PPC)

20. 1.Jelaskan mengenai saluran pemasaran dan peran saluran pemasaran bagi perusahaan.?​


Jawaban:

peran saluran pemasaran bagi perusahaan adalah untuk mempromosikan suatu barang atau jasa yang di tawarkan oleh perusahaan tersebut semuga membantu y :)


Video Terkait


Previous Post
Next Post

0 comments: