Sunday, January 22, 2023

Instalasi Listrik Gedung Bertingkat


Instalasi Listrik Gedung Bertingkat

Instalasi Tenaga listrik yang digunakan pada gedung bertingkat atau industry untuk apa ?

Daftar Isi

1. Instalasi Tenaga listrik yang digunakan pada gedung bertingkat atau industry untuk apa ?


Jawaban:

digunakan untuk menyalurkan tenaga listrik dari sumber listrik ke peralatan- peralatan yang membutuhkan tenaga listrik

Penjelasan:

Jawaban:

A. Pendahuluan

Tujuan Pembelajaran :

1.Memahami instalasi penerangan 3 fase

2.Menggambar rencana instalasi penerangan

3.Memasang panel hubung bagi instalasi penerangan

4.Memasang instalasi kabel dan pemipaan

5.Memasang beban listrik penerangan 1 fase dalam sistem 3 fase.

Batasan gedung bertingkat

Yang dimaksud gedung bertingkat pada tulisan ini adalah gedung bertingkat maksimal 4 (empat) lantai, misalnya perumahan, perkantoran, atau Ruko.

Peruntukan gedung bertingkat akan sangat berpengaruh terhadap bentuk bangunan gedung yang bersangkutan, luas lantai, susunan ruangan, sehingga akan berpengaruh kepada jenis dan intensitas penerangan, yang pada gilirannya akan berpengaruh kepada daya yang digunakan pada setiap ruangan ataupun setiap lantai.

Macam-macam gedung bertingkat, di antaranya adalah:

1.Perumahan

2.Perumahan Susun Sederhana

3.Ruko

4.Pertokoan/Supermaket

5.Kantor

6.Rumah Sakit

7.Dan lain-lain

1. Dasar perencanaan

Perencanaan instalasi gedung bertingkat, akan didasarkan kepada:

Peraturan Umum Instalasi Listrik (PUIL) 2000;

Standar Nasional Indonesia (SNI);

Standar Perusahaan Umum Listrik Negara (PT. PLN Persero);

International Electrotechnical Commision (IEC),

dan lain-lain

2.Macam instalasi pada gedung bertingkat.

Pada gedung bertingkat sederhana, pada umumnya tidak menggunakan:

Instalasi Building Automation System (BAS),

Sistem antena parabola,

Instalasi sistem panggilan/informasi, tata suara panggilan kendaraan,

Instalasi untuk pengamanan (security yang penggunakan TV),

Sistem tenaga, yang umumnya merupakan motor-motor untuk instalasi:

1.Instalasi hidrant,

2.Instalasi pengolah air limbah,

3.Instalasi air bersih dan air kotor,

4.Instalasi pendingin udara (AC),

5.Instalasi lift.

4.Simbol

Simbol yang digunakan disesuaikan dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Sehingga jika antara yang merencakanan dan melaksanakan berbeda tidak menjadi masalah tersendiri, demikian juga pada saat melaksanakan perawatan dan atau perbaikan.

5.Sumber tenaga listrik

Sumber tenaga listrik berkaitan dengan daya yang tersedia dan besar tegangan serta system sumber 1 phasa atau 3 phasa dan besar frekuensi sumber tenaga. Hal tersebut berkaitan dengan daya beban, besar tegangan beban, sistem pada beban (1 phasa atau 3 phasa) dan besar frekuensi beban yang akan dipasang atau sudah terpasang.

6.Jumlah tingkat gedung

Gedung bertingkat yang ada jumlah tingkatnya bermacam-macam, ada yang bertingkat 2 dan seterusnya. Instalasi gedung bertingkat di bahas pada contoh.

B. Distribusi Tenaga

Pada instalasi gedung bertingkat, distribusi tenaga merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Distribusi tenaga dimaksudkan agar beban masing-masing kelompok mendekati sama atau seimbang, demikian juga jika instalasinya menggunakan sumber 3 phasa maka beban pada ke tiga phasa harus seimbang atau mendekati sama.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah jika memungkinkan pada suatu ruangan menggunakan sumber dengan phasa yang berbeda dengan tujuan jika terjadi gangguan pada salah satu phasa maka pemadaman tidak menjadi satu sehingga gelap.

Pada instalasi sebaiknya juga disiapkan kelompok atau group cadangan untuk memenuhi pengembangan kebutuhan instalanya atau listrik pada gedung atau rumah, khususnya pada gedung atau rumah bertingkat.

Penjelasan:

maaf kalo salah

semoga membantu

Jangan lupa jadikan jawaban tercedas (✿^‿^)


2. instalasi listrik dirumah atau gedung perkantoran menggunakan rangkaian


kayaknya rangkaian paralel dech

Jawaban:

1.listrik dirumah menggunakan jenis listrik paralel jika dirumah bertingkat

2.sedangkan listrik perkantoran mengunakan jenis rangkaian listrik seri kenapa seri karena jika menggunakan rangkaian paralel listrik di perkantoran akan padam dengan sendirinya menurut para ahli, karena listrik dikantor banyak digunakan rata rata sebagai cara menghidupkan komputer yang banyak didapur pemanas kopi di room kantor dan yang lainnya. itulah perbedaan instalasi listrik dirumah dan di gedung perkantoran.

semoga membantu

jadikan jawaban ini yang paling tercerdas✌


3. bagaimana pemasangan instalasi listrik pada rumah bertingkat?​


Jawaban:

Memasang Instalasi Listrik Rumah Bertingkat

Tips ini sedikit berbagi ide memasang instalasi listrik rumah bertingkat. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali instalasi listrik rumah bertingkat yang sangat susah dalam memperbaikinya. Banyak sekali ditemui titik percabangan instalasi maupun pipa instalasinya ditanam langsung dalam beton. Alasannya supaya tidak terganggu dari hal-hal yang dapat merusak instalasi tersebut. Hal tersebut tentu saja ada benarnya, akan tetapi perlu diingat bahwa lantai beton tempat menaruh saluran instalasi akan sedikit banyak mempengaruhi kekuatan betonnya. Hal tersebut dikarenakan adanya rongga didalamnya yang berasal dari pipa instalasi yang ditanam dan rata2 pipa yang ditanam berupa peralon PVC atau bahasa "katroknya" peralon plastik. Gak percaya... tanya tuh sama orang sipil... Itu alasan pertamanya. Alasan yang kedua adalah karena akan susah dalam memperbaiki maupun jika akan dilakukan penggantian kabel instalasi. Mengapa demikian..?

Yang pertama adalah jika suatu hal dalam menanam pipa instalasi terjadi kebocoran pada pipa (ketika berlangsungnya proses pengecoran) maka akan mengakibatkan campuran beton masuk kedalamnya sehingga pada akhirnya pipa instalasi tersebut menjadi buntu alias tersumbat...

Yang kedua adalah jika sampai titik percabangan juga ditanam pada beton. Coba bayangin sendiri... gimana coba cara nyambung kabelnya...

Diluar itu semua, paling sering dijumpai adalah yang empunya rumah menggunakan kabel jenis NYM ataupun karena saking kayanya tu orang, instalasi rumahnya menggunakan kabel jenis NYY dan menganggap penanaman didalam beton tidak perlu menggunakan pipa instalasi. Wah yang ini... ni... paling kereeen... klo ada apa2 ama instalasinya gimanaaa cobaaa..?!?!. boro-boro nyusupin kabel buat diganti yang baru... nglepasin kabelnya aja dah gak bisa mikir lagi.... ditarik 10 orang aza tu kabel bakalan nyengir doang... ujung-ujungnya ganti total instalasi yang ada dalam beton tersebut.... mendingan ditinggal mancing dilaut bro.....he..heee....

Ok.. kita lanjutkan. Berikut ide tips pada pemasangan instalasi rumah bertingkat :

Sebaiknya instalasi terbagi menjadi group instalasi yang berbeda untuk tiap lantai.

Jalur pembagian group dari kotak pengaman untuk lantai atas(lantai 2,3,dst.) dapat diletakkan disisi luar tembok rumah ataupun didalam tembok itu sendiri. Jika diletakkan disisi luar tembok rumah, pastikan jalur tersebut terlindungi dengan baik. Anda bisa menggunakan pipa peralon atau bahan lainnya yang tahan terhadap perubahan cuaca dan yang terpenting harus kedap air. Gambar ilustrasinya baik di luar maupun didalam tembok terlihat seperti gambar dibawah ini.

Usahakan pipa instalasi tidak tertanam didalam beton apalagi titik sambungnya. Jikapun ada sebaiknya hanya pipa instalasi untuk saluran menuju lampu penerangan, itupun juga jangan dicabangkan didalam beton jika lampu penerangan tersebut dipasang paralel dengan lampu lainnya. Kita ambil contoh denah sederhana dibawah ini.

maka ilustrasi gambar realisasi pemasangan yang tampak dari depan akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

dan jika dilihat dari samping maka kotak sambung 1 atau kotak sambung 2 yang menuju lampu akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Perlu di ingat, pastikan pipa instalasi yang akan ditanam dalam beton harus benar-benar tertutup rapat alias tidak ada kebocoran, terutama pada daerah sambungan pipa. Gunakan isolasi pada sambungan pipa untuk lebih melindungi dari kebocoran.

Satu hal lagi, jika anda merasa risi/kurang cocok dengan penutup asli dari kotak sambung (emang jelek kok tutupnya.. apalagi untuk kotak sambung yang bulat... garing bangettt...), anda bisa mengatur penanaman kotak sambung sedikit lebih dalam dan membuat tutup modifikasi (seperti terlihat pada gambar kotak sambung ke lampu diatas) yang terbuat dari kayu atau bahan lainya sebagai penutup kotak sambung tersebut sehingga nantinya jika tembok dirapikan akan terlihat rata. Jangan lupa diberi tanda kecil pada daerah tempat tutup kotak sambung tersebut sehingga jika suatu saat akan memperbaiki tidak kebingungan mencarinya. Semoga artikel ini bermanfaat

Penjelasan:

Semoga membantu dan Semoga bermanfaat.....

Maaf kalauadayg salah...

pliiss Jadikan jawaban tercerdas.....

FollowFollback.....


4. alat yang di gunakan untuk mengetahui adanya aliran listrik pada instalasi rumah atau gedung disebut ​


Penjelasan:

Bangunan gedung baik untuk rumah tinggal, kantor, sekolahan yang dilengkapi sarana pendukung listrik dalam membangun agar dapat berfungsi dan dihuni dengan baik, nyaman serta memenuhi keselamatan memerlukan perencanaan gambar instalasi listrik yang cermat dengan mengacu pada aturan-aturan yang ditetapkan dalam dunia teknik listrik.

Gambar instalasi listrik memegang peranan yang sangat vital dan menentukan dalam suatu perencanaan instalasi, karena hanya dengan bantuan gambar suatu pekerjaan pemasangan instalasi dapat dilaksanakan .

Untuk instalasi penerangan yang kecil dengan nilai daya pasang 450 VA, disebut instalasi listrik penerangan 1 phase, 1 group dengan pengaman arus (MCB) 2 Ampere. Pelayanan tenaga listrik dari tiang jaringan listrik ke pemakai (kwh + MCB) merupakan tugas dari PLN sedangkan dari panel bagi (kotak sekering) sampai ke pemasangan titik nyala (lampu dan kotak kontak) dan satu unit grounding (pentanahan) merupakan tugas Biro Teknik Listrik (BTL). Penempatan Saklar dan Kotak Kontak Penempatan saklar dekat pintu dan mudah dicapai oleh tangan, arah tuas (kutub) saklar harus sama baik saat di-on-kan maupun di-off-kan, sedangkan pemasangan dan penempatan kotak kontak disesuaikan dengan beban yang akan disambung. Tinggi penempatan saklar dan kotak kontak 150 cm diatas lantai.

*_Kabel NYM_*

Digunakan untuk kabel instalasi listrik rumah atau gedung dan system tenaga. Kabel NYM : memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna putih atau abu-abu), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis, sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA (harganya lebih mahal dari NYA).Kabel ini dapat dipergunakan dilingkungan yang kering dan basah, namun tidak boleh di tanam.


5. Contoh penggunaan rangkaian seri dalam kehidupan sehari-hari adalah ....Select one:a. Instalasi listrik gedungb. Lampu lalu lintasc. Lampu jaland. Instalasi listrik di rumah​


Jawaban:

D

Penjelasan:

maaf kalo ada yang salah

Jawaban:

D. instalasi listrik dirumah

karena orang menggunakannya tidak bisa memasang rangkaian listrik paralel yang biayanya mahal dari pada seri, makanya kebanyakan orang menggunakan rangkaian listrik seri yang harganya terjangkau.

Penjelasan:

maaf kalau salah

semoga membantu

6. pengertian instalasi listrik rumah tangga adalah a. instalasi listrik rumah tangga adalah suatu bagian penting yang terdapat dalam sebuah bangunan gedongb. instalasi listrik rumah tangga adalah listrik yang ada didalam rumahc. instalasi listrik rumah tangga adalah penunjang kenyamanan penghuninyad. instalasi listrik rumah tangga adalah gambar yang menunjukan dengan jelas letak instalasi listrik​


Jawaban:

c. instalasi listrik rumah tangga adalah penunjang kenyamanan penghuninya

Instalasi listrik rumah tinggal adalah suatu sistem/rangkaian yang digunakan untuk menyalurkan daya listrik ke lampu atau alat -alat listrik yang lain sebagai penunjangkeyamananpenghuninya.Instalasi listrik pada dasarnya dibagi menjadi dua yaitu instalasi pencahayaan listrik dan instalasi daya listrik


7. apa perbedaan peralatan instalasi listrik rumah tinggal dan peralatan untuk instalasi listrik?​


Jawaban:

1. Bargainser adalah sebuah bentuk dari alat instalasi listrik untuk membatasi sebuah daya listrik, melakukan pengukuran dari penggunaan daya dan juga pemutusan dari aliran listrik.

2. Sekring adalah sebuah bentuk dari alat listrik yang memiliki fungsi untuk memutuskan sebuah aliran listrik apabila terjadi kelebihan dari daya listrik maupun hubungan arus pendek.

3. Sakelar adalah sebuah bentuk dari alat yang fungsinya untuk menghidupkan dan juga mematikan dari sebuah aliran listrik.

4. Stopkontak adalah sebuah bentuk dari tempat yang digunakan untuk menghubungkan daripada arus kepada sebuah perangkat listrik.

5. Steker adalah alat menghubungkan peralatan listrik ke pada sebuah sumber lisrik.

6. Kabel adalah sebuah bentuk dari alat yang pada fungsi untuk menjadi sebuah penghantar listrik yang terdiri atas isolator dan konduktor.

7. Fiting adalah sebuah bentuk dari tempat yang digunakan untuk meletakkan sebuah lampu.

8. Klem Kabel adalah sebuah bentuk dari alat jepit kabel.

9. Twist-on Wire Connector adalah sebuah bentuk dari penyambung kawat putar.

10. Pipa  adalah berfungsi untuk menjadi instalasi peralatan listrik untuk memberikan perlindungan pemasangan kawat penghantar.

Pelajari lebih lanjut :

1. Materi tentang   listrik yang tidak mengalir disebut  brainly.co.id/tugas/8977199

2. Materi tentang  potensial listrik disebut juga : brainly.co.id/tugas/10945546

3. Materi tentang  Pengertian tegangan listrik,arus listrik,hambatan listrik : brainly.co.id/tugas/24426162

-----------------------------

Detil jawaban

Kelas:  9

Mapel:  Biologi

Bab:  Bab 4 - Sumber, Rangkaian, Transmisi Listrik

Kode:  9.4.4

#JadiRankingSatu

#semoga membantu


8. Berikut ini yang merupakan contoh penerapan rangkaian seri dalam kehidupan sehari-hari yaituA.rangkaian sederhana pada senter B.distribusi listrik PLN ke rumah C.rangkaian listrik instalasi rumah D.instalasi listrik di gedung gedung ​


Jawaban:

a.

Penjelasan:

maaf kalau salah dan semoga bermanfaat

Jawaban:

A .Rangkaian sederhana pada senter maaf kalo salah


9. apa yang dimaksud dengan instalasi listrik permanen dan instalasi listrik insidental


Instalasi Listrik Permanen adalah yang bertujuan adalah untuk waktu yang lama dan tdk akan dihilangkan atau dilepas pemasangannya, biasanya banyakterdapat / digunakan pada istalasi di rumah.

Instalasi insidental atau sementara ialah instalasi, yang sebelum dipasang dan digunakan dengan pasti dapat ditetapkan bahwa penggunaan hanya untuk waktu paling lama 3 bulan, dan hanya di tempat itu saja.

10. Apa itu instalasi listrik?​


Jawaban:

Suatu perlengkapan yg digunakan untuk menyalurkan tenaga listrik dari sumber listrik ke peralatan² yg membutuhkan tenaga listrik

Jawaban:

instalasi listrik adalah suatu perlengkapan yg di gunakan untuk menyalurkan tenaga listrik dari sumber listrik ke peralatan-peralatan yg membutuhkan listrik

Penjelasan:

semoga membantu

maaf kalau salah


11. Apa yang dimaksud dengan instalasi listrik?Dan apa saja yang ada di dalam komponen instalasi listrik...​


“ Instalasi listrik ialah jaringan perlengkapan yang membangkitkan, memakai, mengubah, mengatur, mengalihkan, mengumpulkan atau membagikan tenaga listrik “

Contohnya ialah instalasi listrik penerangan dan tenaga pada rumah tinggal,1 Instalasi listrik arus searah atau Direct Current (DC)

Instalasi pada pabrik (industri), rumah tangga tertentu, kapal laut, dan lain-lain


12. Jelaskan perbedaan antara instalasi tenaga listrik dan instalasi penerangan listrik????


Perbedaan antara instalasi tenaga listrik dan instalasi penerangan listrik adalah

Instalasi penerangan: instalasi listrik pada suatu bangunan agar instalasi tersebut bermanfaat untuk penggunaanya.Instalasi tenaga listrik: suatu instalasi listrik yang digunakan untuk memanfaatkan listrik diubah menjadi energi mekanik. Penjelasan

Instalasi  listrik adalah pemasangan bagian-bagian peralatan listrik untuk melayani pengubahan energi listrik menjadi energi mekanik dan kimia. Instalasi listrik yang lebih baik adalah instalasi yang aman bagi manusia dan akrab dengan lingkungan sekitarnya. Teknik instalasi listrik adalah studi tentang perencanaan dan pemasangan sistem penerangan, instalasi listrik dan pengoperasian motor listrik dengan kontrol elektromekanis, elektronik dan PLC (Programmable Logic Controller). Instalasi  listrik adalah pemasangan bagian-bagian peralatan listrik untuk melayani pengubahan energi listrik menjadi energi mekanik dan kimia. Instalasi  listrik adalah pemasangan bagian-bagian peralatan listrik untuk melayani pengubahan energi listrik menjadi energi mekanik dan kimia. Instalasi listrik yang lebih baik adalah instalasi yang aman bagi manusia dan akrab dengan lingkungan sekitarnya.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang urutan pemasangan instalasi listrik: https://brainly.co.id/tugas/14910480

#BelajarBersamaBrainly


13. Instalasi listrik, khusunya instalasi tegangan rendah, dapat dikuasai semua kalangan. Penanganan instalasi tegangan rendah bisa dibilang tidak memerlukan keahlian tingkat tinggi. Meskipun demikian, para pemula harus tetap memperhatikan prosedur kearnanan. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerugian banyak pihak. 5. Informasi penting paragraf tersebut adalah instalasi listrik....​


Jawaban:

PT Perusahaan Listrik Negara Persero tengah menyiapkan aturan terkait rancangan rumah yang aman dari bahaya terkait listrik untuk dimasukkan ke dalam salah satu syarat perolehan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Disampaikan Antonius Artono, EVP Health Safety Security Environment PLN dalam pernyataan yang diterima redaksi (25/9), rancangan aturan ini diharapkan menjadi bagian dari edukasi perihal keselamatan dalam instalasi kelistrikan yang kerap diabaikan masyarakat.

“Kalau PLN saja sendiri, pasti tidak bisa meng-educate seluruh masyarakat Indonesia yang sangat luas. Perlu dukungan dari pemerintah daerah setempat,” kata Anton.

Menurutnya pemda bisa membuat aturan untuk memasukkan aturan keamanan dan keselamatan dalam instalasi peralatanan kelistrikan maupun jarak-jarak yang aman terkait jarak properti yang akan dibangun dengan instalasi PLN, ke dalam persyaratan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Termasuk soal batas ketinggian pohon. “Jadi IMB akan memuat masalah keamanan dan keselamatan peralatan PLN dan masyarakat,” ujarnya.

Berikutnya diharapkan akan ada tiga hal untuk memastikan keamanan dan keselamatan masyarakat terhadap instalasi PLN. Pertama, PLN melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya saat ada momen khusus seperti bulan K3 di setiap Bulan Februari. Kedua, di sisi peraturan, IMB di Pemda setempat diharapkan sudah mengakomodasi kepentingan keselamatan akibat bahaya listrik. Ketiga lewat punishment bagi yang melanggar peraturan agar tidak terjadi musibah yang fatal.

Selanjutnya PLN berharap ada Keppres yang akan turut melibatkan berbagai organ pemerintah dan aparat dalam membantu memelihara keamanan jaringan listrik PLN. “Sebelumnya kan hanya diatur Peraturan Menteri jadi hanya mengikat BUMN bersangkungan seperti PLN saja. Maka dengan adanya Keppres, maka ada yang akan mengatur agar organ maupun aparat dapat turut membantu PLN dalam menjaga keamanan instalasi PLN,” paparnya.

Sepakat dengan Anton, Ketua Umum Asosiasi Ahli K3 Konstruksi Indonesia, Lazuardi Nurdin mengatakan, bisa saja PT PLN Persero meminta pemuatan aturan instalasi listrik yang benar sebagai prasyarat terbitnya IMB. Hanya saja kerap kali musibah terjadi pada rumah yang sudah lama dibangun.

Musibah terkait listrik dapat berasal dari berbagai kondisi. Seperti kebakaran yang biasanya bersumber dari hubungan arus pendek. “Memang sangat penting untuk memperhatikan ketepatan instalasi listrik dan standard produknya saat membangun rumah,” kata Lazuardi.

Penggunaan jenis standard kabel dan ukuran kabelnya juga menjadi prasyarat keamanan yang harus diperiksa secara berkala. Selama prasyarat tadi sudah sesuai, kecil kemungkinan terjadi musibah.

Pemasang instalasi listrik juga harus dilakukan oleh perusahaan yang berizin resmi, untuk memastikan perusahaan tersebut memiliki SDM yang kompeten. PLN, kata Lazuardi, sudah mengatur pemasang listrik harus orang yang punya kompetensi dilengkapi dengan Sertifikat Laik Operasi.

Soal edukasi terkait keselamatan dalam pemasangan instalasi listrik, dikatakan Anton PT PLN Persero terus menggelar program tersebut secara berkala. “Kami mengedukasi masyarakat melalui berbagai cara. Pertama dengan model pemberitahuan standard engineering yang mudah dipahami,” ujar Anton.

Menurutnya, masyarakat dididik untuk memahami berbagai jaringan PLN. Seperti tegangan ekstra tinggi 500 KV, 150 KV atau yang dikenal dengan sutet (saluran udara tegangan ekstra tinggi). Lalu ada tegangan menengah 20 KV hingga 70 KV.

“Masyarakat kami edukasi untuk memahami perbedaan jarak aman di antara berbagai fasilitas bertegangan tersebut. Terdapat jarak aman di antara tegangan listrik yang tidak boleh dilalui. Misalnya, instalasi bertegangan rendah, istilahnya kita baru akan tersetrum jika memegang kabelnya. Namun, untuk tegangan ekstra tinggi, yang 150 KV ke atas itu meski kita tidak menyentuh instalasinya, sudah tersetrum jika berada terlalu dekat, akibat dari medan magnet listrik yang terbentuk,”


14. rumah yang diterangi listrik memiliki instalasi listrik.tuliskan apa yang dimaksud dengan instalasi listrik​


Jawaban:

Instalasi listrik adalah suatu perlengkapan yang digunakan untuk menyalurkan tenaga listrik dari sumber listrik ke peralatan- peralatan yang membutuhkan tenaga listrik.

Jawaban:

Instalasi listrik adalah suatu perlengkapan yang digunakan untuk menyalurkan tenaga listrik dari sumber listrik ke peralatan- peralatan yang membutuhkan tenaga listrik. Jadi, instalasi listrik itu snediri memang penting dilakukan, terupata untuk konstruksi bangunan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Semogabermanfaat


15. apa itu instalasi listrik


Suatu bagian penting yang terdapat dalam sebuah bangunan gedung , yg berfungsi sebagai penunjang kenyamanan penghuninya . PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik).

16. Instalasi penerangan yang seluruhnya menggunakan pipa union atau PVC terdapat pada... *Rumah kayuRumah betonApartemenGedung bertingkat​


Jawaban:

gedung bertingkat

Penjelasan:

semoga membantu


17. Jelaskan tahapan dalam menggambar instalasi listrik pada suatu bangunan rumah atau gedung​


membuat gambar perencanaan untuk jalur listrik, untuk rumah baru yang dibangunn dari awal, rencanakanlah posisi sakelar, stopkontak dan fitting lampu sebelum rumah dibangun karena tahapan awal pemasangan listrik dilakukan setelah pemasangan bata dan sebelum pemasangan plesteran tembok, saat itulah dipasang pipa-pipa untuk kabel listrik pada dinding yang belum diplester.

pemasangan pipa untuk kabel listrik, pasanglah pipa kabel di dinding yang belum diplester berikut tedusnya, tedus ini adalah tempat untuk meletakkan sakelar atau stopkontak agar menempel kuat di dinding tembok.Untuk dinding yang belum diplester maka untuk pemasangan pipa ini plesterannya harus dilepas dulu dengan cara dibobok menggunakan pahat, ukurlah ketinggian tedus yang sesuai dengan kebutuhan.

pemasangan kabel jalur utama, pemasangan jalur utama ini di pasang mulai dari tempat keluarnya kabel dari MCB sampai ujung stopkontak yang terakhir, jalur ini dipasang pada kayu plapon melewati pipa listrik yang keluar dari tembok.

penyambungan kabel lampu, sakelar dan stopkontak. Sambunglah semua kabel dengan benar dan aman,ukurlah panjang kabel seoptimal mungkin, jangan sampai setelah dipasang ternyata tidak mampu menjangkau sekrup terminal pada fitting lampu, sakelar atau stopkontak, gunakanlah kabel yang sesuai dengan peruntukannya.

Penjelasan:

Jawaban:

membuat gambar perencanaan


18. Pengertian Instalasi Rumah Tangga adalaha.Instalasi rumah tangga adalah bagian penting yang terdapat dalam sebuah bangunan gedungb.Instalasi listrik rumah tangga adalah listrik yang ada di dalam rumahc.Instalasi listrik adalah penunjang kenyamanan penghuninyad.Instalasi listrik rumah tangga adalah gambar yang menunjukan dengan jelas letak instalasi listrik​


Jawaban:

C.

Penjelasan:

Instalasi listrik rumah tinggal adalah suatu sistem/rangkaian yang digunakan untuk menyalurkan daya listrik ke lampu atau alat -alat listrik yang lain sebagai penunjang keyamanan penghuninya. Instalasi listrik pada dasarnya dibagi menjadi dua yaitu instalasi pencahayaan listrik dan instalasi daya listrik


19. Contoh penggunaan rangkaian seri dalam kehidupan sehari-hari adalah ....Pilih salah satu:a. Instalasi listrik di rumahb. Lampu jalanc. Instalasi listrik gedungd. Lampu lalu lintas​


Jawaban:a.instalasi listrik di rumah

Penjelasan:Yang A kalo gak salah

Jawaban:

d.lampu lalu lintas

Penjelasan:

maaf kalo salah..


20. apa itu instalasi listrik?


suatu bagian penting yg terdapat dalam sebuah bangunan gedung, yg berfungsi sebagai penunjang kenyamanan penghuni
Instalasi listrik adalah suatu bagian penting yang terdapat dalam sebuah bangunan gedung , yang berfungsi sebagai penunjang kenyamanan penghuninya .

Video Terkait


Previous Post
Next Post

0 comments: