Sunday, February 12, 2023

Seorang Pengusaha Mencoba Untuk Melakukan Analisa Pada Ide Usahanya


Seorang Pengusaha Mencoba Untuk Melakukan Analisa Pada Ide Usahanya

Seorang pengusaha mencoba untuk melakukan analisa pada ide usahanya, dia mencatat semua hal yang menjadi pembeda produknya dengan produk lainnya. didalam analisa swot upaya yang dilakukan oleh pengusaha itu masuk kedalam elemen…

Daftar Isi

1. Seorang pengusaha mencoba untuk melakukan analisa pada ide usahanya, dia mencatat semua hal yang menjadi pembeda produknya dengan produk lainnya. didalam analisa swot upaya yang dilakukan oleh pengusaha itu masuk kedalam elemen…


Pengusaha yang mencoba membuat analisa terhadap ide usahanya dengan mencatat semua hal yang menjadi pembeda produknya dengan produk lainnya dan dicantumkan didalam analisa swot. Upaya ini termasuk ke dalam elemen planning.

Pembahasan

Elemen dalam sebuah usaha terdiri atas empat yaitu Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling atau disingkat dengan POAC. POAC memiliki makna sebagai berikut:

Planning merupakan sebuah elemen usaha dimana pelaku usaha merencakan tindakan yang akan dilakukan untuk meningkatkan pendapatan usahanya berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan.Organizing merupakan sebuah elemen yang mengharuskan pelaku usaha untuk membentuk sebuah struktur organisasi agar kegiatan usaha yang dilakukan dapat dilakukan secara efekifActuating merupakan sebuah elemen usaha yang mengharuskan pelaku usaha untuk melaksanakan rencana planning dan organizing yang telah dibentuk secara nyata.Controlling merupakan sebuah elemen usaha yang mengharuskan pelaku usaha untuk menentukan apa yang harus dikerjakan dan menentukan apa yang tidak boleh dilakukan agar usaha dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan planning.

Pelajari lebi lanjut

Materi tentang organisasi manajemen https://brainly.co.id/tugas/10647

#BelajarBersamaBrainly


2. seorang pengusaha akan mencoba untuk melakukan analisa pada hidup usahanya Dia mencatat sama kompetitor atau pesan produknya di dalam analisis SWOT Apa yang dilakukan oleh pengusaha termasuk ke dalam elemen​


Analisa hidup suatu usaha yang dilakukan oleh pengusaha dengan cara mencatat pesanan produknya dan kompetitor menggunakan analisa SWOT merupakan elemen dari threats atau ancaman.

Pembahasan

SWOT merupakan singkatan dari stenghts, weaknesses, oportunities dan threats. Analisa ini biasanya digunakan oleh pengusaha dalam menjalankan usaha atau bisnisnya. Berikut penjelasan dari masing-masing elemen, yakni:

Strenghts merupakan elemen yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan keunggulan bisnis, seperti nilai jual produk ataupun identitas brand produk. Ada beberapa pedoman yang dapat kita gunakan dalam menyusun kekuatan bisnis kita, yaitu sesuatu yang dilakukan dalam bisnis kita baik dan berkualitas, kompetensi dan skill dari pegawai/staff serta aset yang berwujud modal, kekayaan intelektual, teknologi dan sebagainya.Weaknesses merupakan elemen yang menganalisa kelemahan dari bisnis, seperti produk yang kurang laku ataupun pegawai yang tidak kompeten.Oportunities merupakan elemen yang menganalisa peluang-peluang dalam meningkatkan bisnis. Hal yang dapat di analisa dalam elemen ini adalah persaingan bisnis, peningkatan kualitas layanan dan menyebarluaskan bisnis melalui media sosial.Threats merupakan elemen dalam menganalisa kompetitor bisnis serta produk yang sudah laku selama ini. Elemen ini juga merupakan evaluasi dari bisnis dan usaha kita.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pengertian analisa SWOT https://brainly.co.id/tugas/1730497Materi tentang 4 aspek dalam analisa SWOT https://brainly.co.id/tugas/12714868Materi tentang pengertian bisnis https://brainly.co.id/tugas/4934078

Detail jawaban

Kelas: X

Mapel: Ekonomi

BAB: 6

Kode: 10.12.6

#AyoBelajar


3. jelaskan pengertian ide dan analisa peluang usaha​


Jawaban:

ide adalah pikiran untuk membuat sesuatu

peluang usaha adalah sarana atau prasarana untuk mempermudah usaha

sumber daya usaha tergantung sama perusahaannya apabila banyak meproduksi,banyak pula sumber daya yang dibutuhkan

administrasi dalam perusahaan biasanya surat perizinan usaha maupun produk yang dijual

pemasaran dalam usaha harus sekreatif mungkin untuk bisa memikat para konsumen

Jawaban:

Ide usaha adalah gagasan atu pemikiran yang baru dalam menciptakan suatu produk/jasa yang berpotensi sumber keuntungan dan memiliki peluang yang besar,Sedangkan peluang usaha adalah peluang yang sudah ada muncul dari proses pembacaan usaha yang berpotensi memiliki peluang keuntungan yang besar.

=======================

MAAF KALAU SALAH

SEMOGA MEMBANTU


4. Seorang pengusaha akan mencoba untuk melakukan analisa pada hidup usahanya Dia mencatat sama kompetitor atau pesan produknya di dalam analisis SWOT Apa yang dilakukan oleh pengusaha termasuk ke dalam elemen... A.Perhitungan laba rugi B.modal usaha C.analisa yang baik D.perhitungan yang rumit E.kerja keras


Jawaban:

b. modal usaha

Penjelasan:

maaf kalok salah


5. apa yang perlu dianalisa dalam melakukan peluang usaha


daya beli masyarakat thd suatu produk/barang. menganalisa manajemen produksi/keuangan produksi

6. Antara perusahaan jasa, dagang dan manufaktur ada perbedaan transaksi di antara ketiganya, coba analisalah transaksi - transaksi yang terjadi pada perusahaan dagang!​


Jawaban:

Transaksi perusahaan dagang adalah suatu aktivitas perusahaan yang menimbulkan perubahan terhadap posisi harta keuangan perusahaan, misalnya seperti menjual, membeli, membayar gaji, serta membayar berbagai macam biaya yang lainnya.

Penjelasan:

Perusahaan Dagang adalah perusahaan yang menjual produk/barang persediaan kepada konsumen. Perusahaan Dagang tidak memproduksi sendiri barangnya melainkan mengambil atau membeli produk/barang persediaan dari supplier dalam bentuk bahan yang sudah jadi. Perusahaan Dagang bertujuan untuk menjual kembali produk/barang yang telah diambil dari supplier tanpa mengubah bentuk asal dan mendapatkan keuntungan dari selisih penjualan yang dilakukan.Beberapa perbedaan pada perusahaan dagang dibanding jenis perusahaan lainnya dapat dilihat sebagai berikut:

Terdapat Harga Pokok Produksi (HPP) sehingga untuk menentukan harga pokok barang dapat dilakukan dengan mudah

Terdapat stok persediaan barang jadi

Pada perusahaan dagang, laporan tentang harga pokok produksi tidak dipergunakan dan tidak terdapat biaya akuntansi di dalamnya

Semoga membantu


7. buatlah 2 contoh ide dan peluang usaha serta buatlah analisa peluang usaha, sumber daya yang dibutuhkan, administrasi dan pemasaran yang sesuai​


Jawaban:

1.cemilan unik

2.katering sehat


8. Keuntungan melakukan analisa pasar 1.perusahaan perorangan 2.perusahaan terbatas


Jawaban:

2. perusahaan terbatas


9. bagaimana cara untuk menganalisa peluang usaha


untuk mengenali atau menganalisi peluang usaha, upaya yang harus kita lakukan antara lain :

1. harus percaya dan yakin dengan dengan usahanya
2. menerima gagasan-gagasan baru
3. berintropeksi diri
4. bersifat terbuka
5. etos kerja tinggi
6. pandai berkomunikasi

10. analisa yang dilakukan sebelum menentukan jenis usaha adalah


° Ekonomi dalam Pembangunan °

Ada beberapa analisa terkait sebelum mendirikan sebuah usaha yaitu
• Besarnya modal
• Faktor pendukung wirausaha
• Besarnya laba dan keuntungan
• Ketenaga kerja (jika perlu)
• Beban biaya usaha

11. Mengapa dilakukan analisa usaha pasar pada produk ternak


Jawaban:

karena analisa usaha pasar pada produk ternak dilakukan secara sinergis

Penjelasan:

#maafkaloterlalusingkat

12. 3. Bagaimana pengelolaan usaha yang dilakukan Ali Muharam? Berikan analisa Anda. 3. Bagaimana pengelolaan usaha yang dilakukan Ali Muharam? Berikan analisa Anda.


Salah satu figur dari wirausahawan sukses yang bisa kita teladani adalah Ali Muharam yang merupakan founder dari Makaroni Ngehe. Pengelolaanusaha yang dilakukan oleh AliMuharam pada dasarnya sangat efektif karena ia menggunakan nama yang unik pada perusahaannya yang membuat konsumen menjadi tertarik untuk mencoba produknya. Selain itu, produk yang ia jual juga sesuai denagn tren dan juga selera konsumen di mana orang Indonesia menyukai makanan pedas dan ia menghadirkan beberapa level pada produknya yang menjadi daya tarik utama dari perusahaan tersebut. Makaroni Ngehe juga menggunakan sosial media dan teknologi dalam promosi produknya yang menjadikan perusahaan tetap relevan dengan perkembangan zaman.

Pembahasan

Ali Muharam adalah pemilik dari Makaroni Ngehe yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang kuliner yang menjual makanan ringan. Pada awalnya, Ali Muharam meminjam uang temannya untuk mendirikan usaha tersebut dan kini perusahaannya sudah memiliki 34 cabang. Suksesnya bisnis yang didirikan oleh Ali Muharam ini tidak lepas dari kerja keras yang diberikan oleh Ali Muharam bersama karyawannya kepada bisnis tersebut. Ali Muharam adalah salah satu figur wirausahawan yang membuktikan bahwa kita harus bisa melihat tren dan juga selera konsumen dalam menciptakan suatu produk.

Pelajari lebih lanjut Materi tentang konsep 10D William Bygrave https://brainly.co.id/tugas/8071155Materi tentang peran pemegang saham dalam pembuatan keputusan https://brainly.co.id/tugas/18092880Materi tentang sifat wirausaha https://brainly.co.id/tugas/4872389

Detail jawaban

Kelas: 10

Mapel: Wirausaha

Bab: -

Kode: 10.23

#AyoBelajar #SPJ2


13. sebuah alat untuk melakukan analisa aspek internal pada perusahaan adalah?tolongin yg tau ​


Jawaban:

internal audit (pemeriksaan intern) adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh bagian internal audit perusahaan, baik terhadap laporan keuangan dan catatan akuntansi perusahaan, maupun ketaatan terhadap kebijakan manajemen puncak yang telah ditentukan dan ketaatan terhadap peraturan pemerintah dan ketentuan-ketentuan dari ikatan profesi yang berlaku. Peraturan pemerintah misalnya peraturan di bidang perpajakan, pasar modal, lingkungan hidup

semoga bermanfaat

Penjelasan:


14. pertanyaan untuk materi analisa peluang usaha


bagaimana cara mengetahui peluang usaha yg sangat menguntungkan saat ini?

15. Jelaskan pengertian ide, peluang dan analisa peluang usaha berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar lokal


-Ide adalah sesuatu yang baru dalam suatu rencana

-Peluang usaha adalah kesempatan dalam melakukan atau menjalankan ide usaha tersebut dan didukung unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam hidup

-analisa usaha adalah sesuatu yang harus dipahami sebelum melanjutkan usaha ( bahan pertimbangan ). Sebelum melanjutkan usaha


16. sebuah alat untuk melakukan analisa aspek internal pada perusahaan adalah​


Jawaban:

Analisis swot

Penjelasan:

moga benar. jdkan jwbn trbaik ya de


17. Berikan analisa kalian Usaha diplomasi yang dilakukan bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan dengan usaha diplomasi yang dilakukan pemerintah saat ini dalam mengatasi permasalah Covid 19.


Jawaban:

1. kalau diplomasi dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia mencari dukungan dari bangsa bangsa lain untuk mendukung kedaulatan bangsa dalam mempertahan kemerdekaan, contoh PBB, serta .dan Mahkamah internasional.

2. kalau diplomasi dalam penanganan COVID 19, dimana berbagi informasi tentang penanganan dan penanggulangannya, dengan cara saling memberi dukungan dan bantuan, baik itu berupa obat2an dan prasarana nya


18. mengapa terkadang ada perusahaan yang enggan melakukan analisa usaha?


Jawaban:

logo-kompasianalogin

DAFTAR

Dheanira Clara

Dheanira Clara

Mahasiswa D3 Akuntansi

FOLLOW

EKONOMI

Beberapa Alasan Mengapa Suatu Perusahaan Memutuskan untuk Melakukan Penggabungan Usaha

9 November 2015 11:52 Diperbarui: 9 November 2015 11:52 23197 0 1

Saat ini dunia bisnis semakin berkembang pesat sehingga tak bisa dipungkiri bahwa semakin banyak pula perusahaan-perusahaan baru yang bermunculan dengan menawarkan berbagai jenis produk ataupun jasa yang mereka miliki. Hal ini tentu saja menimbulkan sebuah kondisi dimana masing-masing perusahaan bersaing ketat dalam mengembangkan berbagai jenis produk, meningkatkan kualitas produk ataupun dalam proses pemasaran produk.

Namun dalam persaingan yang semain ketat, tidak jarang pula timbul persaingan yang tidak sehat dan juga saling menjatuhkan. Persaingan yang tidak sehat tersebut tentu saja akan menimbulkan kerugian bagi perusahaan-perusahaan yang bersangkutan, dan untuk mengatasinya diperlukan suatu kerjasama yang saling menguntungkan. Salah satu bentuk kerjasama yang dapat ditempuh adalah dengan menggabungkan dua perusahaan atau lebih, baik yang sejenis maupun tidak sejenis menjadi satu.


19. Menganalisa perkembangan usaha yang kemudian akan ditindaklanjuti merupakan fase.. *a. memanfaatkan peluangb. memunculkan idec. mempertahankan usahad. mengembangkan usahae. mengambil alih usaha​


Jawaban:

C mempertahankan usaha

Penjelasan:

Tahap di mana wirausahawan berdasarkan hasil yang telah dicapai melakukan analisis perkembangan yang dicapai untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang dihadapi.


20. 6 hal yang perlu dianalisa dalam melakukan analisa peluang usaha


Secara umum, ada 5 hal yang harus kita pertimbangkan sebelum membuka usaha, yaitu :

1. Produk.

2. Sistem Manajemen.

3. Analisa Pasar / Konsumen.

4. Strategi Pemasaran.

5. Analisa Keuangan.

1. Produk

Pertimbangkan produk yang akan Anda produksi dari segi keunggulan, cara memperoleh bahan baku, teknologi pembuatan produk, tenaga ahli, dsb. Hal ini sebagai langkah awal untuk memulai suatu bisnis dan akan mempermudah langkah berikutnya dalam menjalankan suatu bisnis.

2. Sistem Manajemen

Sebaiknya sistem manajemen menggunakan sistem kepemimpinan tunggal agar tidak terjadi tumpang tindih dan mempermudah dalam pembagian tugas. Selain itu system operasional perlu kita perhatikan juga, Apakah perlu waktu untuk menyiapkan produk atau apakah kita perlu waktu dalam pengantaran produk tersebut.

Jika dilakukan pengiriman, apakah ada sistem pengepakan/pengemasan yang harus dilakukan agar tidak terjadi kerusakan.

3. Analisa Pasar

Kita harus melakukan survei terhadap target yang menjadi sasaran, kita mesti paham akan kebutuhan dan keinginan konsumen. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan contoh produk kepada konsumen sebagai bahan uji coba apakah produk yang kita hasilkan dapat diterima oleh konsumen atau tidak. perhatikan juga kompetitor dalam melakukan strategi pemasarannya. Siapa saja kompetitor kita dalam produk ini, dan bagaimana mereka melakukan pelayanan kepada konsumennya.

4. Strategi Pemasaran

Berikutnya yang harus kita lakukan setelah melakukan analisa pasar adalah merencanakan strategi pemasaran produk yang sesuai dengan kondisi pasar. Hal yang perlu dilakukan dalam merencanakan strategi pemasaran antara lain adalah menentukan merk produk yang familiar, cara melakukan penjualan produk tersebut, publikasi kepada konsumen, cara konsumen membeli produk tersebut, dsb.

Hal yang terpenting dalam melakukan publikasi awal kepada konsumen adalah konsumen mesti kenal dan tahu dengan produk yang kita pasarkan, caranya kita dapat memberikan contoh produk kepada konsumen.

5. Analisa Keuangan

Langkah selanjutnya yang mesti kita lakukan adalah melakukan analisa keuangan. Berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam melakukan analisa keuangan:

1. kebutuhan total investasi.

2. Darimana kebutuhan investasi tersebut terpenuhi ( siapa yang mensuplai atau beli darimana ).

3. Asal pendapatan usaha.

4. berapa harga pokok produk tersebut.

5. Menentukan harga produk yang akan dijual.

6. Menentukan target penjualan .

7. Menghitung biaya operasional perbulan.

8. Menghitung biaya penyusutan alat.

9. Menghitung keuntungan perbulannya.

10. Biaya investasi yang mesti dikeluaran


Video Terkait


Previous Post
Next Post

0 comments: