Tuesday, February 28, 2023

Gambar Peta Irian Jaya


Gambar Peta Irian Jaya

Skala 1;5.600.000.000 jarak antara kalimantan dan irian jaya pada peta adalah 4cm tentukan jarak provinsi kalimantan dan irian jaya yang sebenarnya

1. Skala 1;5.600.000.000 jarak antara kalimantan dan irian jaya pada peta adalah 4cm tentukan jarak provinsi kalimantan dan irian jaya yang sebenarnya


Jawaban:

rumus jarak sebenarnya=jarak pada peta dikali skala.jadi 4cm dikali 5.600.000.000=22.400.000.000cm. karena jarak sebenarnya yang ditanya jadi 22.400.000.000 diubahkan jadi km berarti dibagi hasilnya =224.000 km


2. ada gambar not balok lagu daerah irian jaya ''apuse'' ?


Gambar Not Balok Lagu Apuse

3. ada gambar not balok lagu daerah irian jaya ''apuse'' ?


ada 2 terdiri dari isi lagu kokok daon sole soleri

4. apakah kepanjangan dari irian jaya​


apakah kepanjangan dari irian jaya​


jawab:

Tentang Irian yang Menjadi Papua. Posting ini harus saya mulai dengan satu pernyataan yang bersifat personal. ... Alasan orang-orang yang menuntut itu, karena katanya “Irian” berkonotasi sangat Indonesia, karena itu adalah singkatan dari kalimat “Ikut Republik Indonesia Anti Nederland”.

5. mengapa irian jaya dulu namanya irian barat?


karena ada sejarahnyakarena dulunya Papua New Guinea beserta dalam gugusan pulau Irian. maaf kalau salah, semoga membantu :)

6. Irian jaya terdiri berapa provinsi


Pulau Papua memiliki dua provinsi, yaitu Papua dan Papua Barat.

7. apakah ibukota irian jaya


ibukota irian jaya : Manokwariibu kota irian jaya adalah:manokwari

8. ada gambar not balok lagu daerah irian jaya ''apuse'' ?.apajawabannya


gooogling aja bosku banyakk

9. gunung di irian jaya​


Jawaban:

gunung yg paling tinggi du irian jaya

Jawaban:

gunung yamin#backtoschoolbrainly2019


10. sejarah tentang irian jaya?


Irian terletak di Pulau Irian/Papua sebelah barat. Bagian sebelah timurnya berdiri sebuah negara merdeka dengan nama Papua Nugini.  . Pada zaman dulu pulai tersebut dikenal dengan nama Papua dan sejarahnya paling tidak dapat ditelusuri sejak adanya kerajaan Sriwijaya yang dianggap meluaskan hegemoninya sampai ke ujung Irianbagian barat. Setelah kerajaan itu hilang peranan hegemoni tersebut diteruskan oleh sultan-sultan Tidore dan ternate dari Kepulauan Maluku. Sedangkan para penjelajah Eropa mulai mengenalnya sejak abad ke-16.


Menurut pengakuan resmi penjelajah Barat, pulau ini ditemukan oleh dua orang pelaut Portugis, d'Abrue dan Sarrano pada tahun 1511. Para penjelajah yang mencari rempah-rempah itu rupanya tidak tahu kalau di beberapa tempat di pulau itu juga ditanami rempah-rempah, sehingga luput dari penguasaan mereka. Pada tahun 1545 datanglah pelaut Spanyol, Inigo Ortis de Retes dari arah timur. Melihat pulau ini cukup menarik maka penjelajah ini segera menancapkan bendera negara di sebelah timur muara Sungai Memberamo, kemudian pulau itu diberinya nama Nova Guinea (New Guinea).

Tapi rupanya kerajaan Spanyol ketika itu tidak tertarik untuk memiliki pulau itu. Orang Belanda pertama yang sampai di pulai ini adalah William Janz (1606). Dilanjutkan oleh beberapa ekspedisi lain, sampai pada pertengahan abad ke-17 didirikan sebuah pos militer untuk menjaga kegiatan perdagangan yang mulai berkembang di pulau itu. Ketika penjelajah Jerman dan Perancis sudah berani pula menghampiri Irian/Papua, Belanda buru-buru memproklamasikan bagian barat pulau itu sebagai bagian dari wilayah Nederland (1828). Wilayah itu mereka kontrol dari Ambon. Sementara itu orang Inggris menancapkan pula bendera kerajaannya di bagian timur, tepatnya di Port Moresby (1883).

Daerah pedalaman pertama kali disingkapkan oleh orang luar ketika Belanda melaksanakan suatu ekspedisi yang dipimpin oleh Dr H A Lorentz pada tahun 1909. Tujuh belas tahun kemudian berangkat pula suatu ekspedisi Belanda-Amerika yang dipimpin oleh Dr M Stirling. Ekspedisi inilah yang pertama sekali mengadakan kontak dengan penduduk Lembah Baliem di pegunungan tengah. Penduduk asli yang menyebut dirinya Ndani tersebut mereka beri nama Dani.

Selanjutnya ada lagi ekspedisi yang dipimpin oleh Richard Arcbold dari American Museum of Natural History pada tahun 1938. Sebelum Jepang menguasai pulau itu pada perang dunia II sejumlah missionaris sudah mulai menyebarkan Injil di Irian/Papua. Penduduk Jepang hanya terpusat di bagian barat dan utara saja. Dua tahun kemudian pulau itu dibebaskan oleh Jenderal Douglas Mac Arthur yang mendirikan basis di dekat Danau Sentani.

Setelah Indonesia merdeka tahun 1945 dan baru diakui oleh Belanda empat tahun kemudian wilayah Irian bagian barat mulai pula dituntut oleh bangsa Indonesia, karena merupakan bagian dari keseluruhan bekas jajahan Belanda yang merdeka menjadi negara Indonesia. Belanda berusaha mempertahankannya sehingga Indonesia mengadakan ekspedisi militer dengan sandi Komando Mandala pada bulan januari 1962.

PBB turun tangan menengahi sejak bulan oktober tahun itu sampai bulan Mei 1963. Setelah memberi kesempatan kepada orang Irian untuk menyatakan setuju atau tidak bergabung dengan Indonesia, maka pada tanggal 9 April 1969 resmilah Irian bagian barat itu menjadi bagian dari Indonesia. Irian Jaya menjadi wilayah provinsi Indonesia ke 17 sejak tahun 1969.

Nama lain dari Irian Jaya pada zaman dulu adalah Papua, Netherland New Guinea, Dutch New Guinea, dan West New Guinea. Pada mulanya Indonesia menyebut bagian barat itu Irian Barat. Kata Irian berasal dari bahasa Biak untuk menyebut daratan Irian, artinya "daerah iklim panas". Setelah menjadi bagian dari negara Indonesia ditambah dengan kata jaya (glorious), sehingga menjadi Irian Jaya (1973). Ibukota provinsi itu pada zaman Belanda disebut kota baru. Setelah menjadi wilayah Indonesia disebut Soekarnopura, kemudian tahun 1973 diubah lagi menjadi Jayapura. Pada masa itu jumlah penduduk Jayapura baru sekitar 75.000 jiwa dan penduduk Irian lainnya sekitar 140.000 jiwa.

Ahli ilmu bangsa-bangsa membedakan penduduk asli Irian Jaya menjadi dua kelompok ras. Pertama kelompok Melanesia yang umumnya mendiami wilayah pesisir dan kelompok Papua yang mendiami daerah pedalaman dan pegunungan. Penduduk pedalaman dianggap masih hidup dalam kebudayaan neolitik sedangkan penduduk pesisir umumnya mengembangkan kebudayaan mesolitik. Pada masa sekarang perbedaan tersebut hampir tidak kelihatan lagi. Penduduk Irian Jaya sebenarnya terdiri dari ratusan kelompok etnik atau suku bangsa yang satu sama lain saling terpisah bahkan terasing dalam kesatuan-kesatuan hidup yang terkadang amat kecil jumlahnya.

11. tarian dari irian jaya adalah


tari selamat datang irian jaya

12. Mata pencaharian provinsi irian jaya Bahasa daerah provinsi irian jaya


Jawaban:

Irian Jaya – Sektor pertanian masih menjadi sumber utama mata pencaharian penduduk Provinsi Papua

Bahasa daerah suku Papua yaitu Abrab, Aghu, Airoran, Airo, Aki, Akwakai, Ambai, Amung, Ansusu, Asmat, Awyi, Awyu, Ayamaru, Babe, Baburiwa, Citah, Dabu, Dani, Dem, Foya, Kawamsu, Kayagar, Kimaan, Kendat, dan Inanwatan

Penjelasan:


13. apa perbedaan nya IRIAN BARAT sama IRIAN JAYA ?


kalo irian barat terletak di bagian barat mungkin,, trus kalo irian jaya tempat pusat nya :D THANKSbeda tempatnya, beda sukunya, beda namanya

14. Apa Arti dari Irian Jaya ? Jelaskan asal usul berubahnya nama Irian Jaya Menjadi Papua?


Irian adalah nama yang diusulkan oleh seorang pejuang Papua, Frans Kaisiepo, yang berarti “Sinar yang menghalau kabut”, diambil dari bahasa salah satu suku di Irian.

 Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) berkunjung ke Provinsi 1 Desember 1999 yang kala itu masih bernama Irian Jaya, Presiden Abdurrahman Wahid serta merta menyetujui tuntutan kaum separatis Papua untuk mengubah nama “Irian” menjadi “Papua”. Alasan orang-orang yang menuntut itu, karena katanya “Irian” berkonotasi sangat Indonesia, karena itu adalah singkatan dari kalimat “Ikut Republik Indonesia Anti Nederland”.

mAaf klo slah:)




15. Apa saja kekayaan di irian jaya?


tembaga, emas, burung cendrawasih, kangguru pohon

16. bandara di irian jaya


Bandar Udara Sentani Jaya Pura, Bandar Udara Mozes Kilangin Timika Papua

17. (peta irian jaya)Nama kerajaan:_______________________peninggalan:______________________plis bantu besok kumpul semoga paham​


Jawaban:

Penjelasan:

kerajaan kotawarigin peninggalan :istana kuning di jantung pangkalan bun ,kotawarigin barat,kalteng


18. Apa saja kriya dari irian jaya


Kriya kayu, kriya papan, kriya bambu dan lainnya

19. Apa nama sebelum irian jaya


nama sebelumnya ialah papua...Papua barat maaf kalo salah

20. Irian Jaya ... IRIAN singkatan dari???,,,jawab y....


Irian Jaya, kata Irian merupakan singkatan dari Ikut Republik Indonesia Anti Nederland.

Pembahasan

Irian Jaya merupakan provinsi paling timur dari Indonesia yang memiliki kekayaan alam melimpah terutama tambang emas yang merupakan tambang emas terbesar di Indonesia. Kata Irian sendiri memiliki makna tersendiri yang sangat besar artinya bagi masyarakat Irian terkait dengan perjuangan para pemuda Irian Jaya untuk bergabung ke dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Irian Jaya merupakan provinsi terakhir yang bergabung dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui perjuangan yang sangat sulit.

Kata Irian merupakan nama yang dipilih oleh salah satu pemuda Irian yang merupakan salah satu pejuang wilayah Irian untuk menjadi salah satu bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bernama Frans Kaisepo. Kata Irian diambil dari sebuah legenda Manseren Koreri yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Biak.  Dalam Bahasa Biak, kata Irian terdiri fari dua kata "iri" yang berarti tanah dan "an" yang berarti panas sehingga Irian berarti "tanah panas". Tetapi, dalam perkembangannya, bahasa Serui (salah satu bahasa yang digunakan oleh masyarakat Irian) mengartikan kata "iri" sebagai "tanah" dan "an" sebagai "bangsa" sehingga kata Irian memiliki arti "tanah bangsa". Sedangkan dalam bahasa Merauke,  "iri" diartikan sebagai "ditempatkan atau diangkat tinggi", "an" diartikan sebagai "bangsa", sehingga Irian memiliki arti sebagai bangsa yang diangkat tinggi.

Frans Kaisepo sebagai perwakilan dari Nieuw Guinea dalam Konferensi Malino yang diselenggarakan di Malino, Ujung Pandang pada tanggal 16 Juli 1946 kemudian mengganti nama Papua dan Nieuw Guinea dengan nama Irian. Nama Irian merupakan nama yang sarat dengan arti politik karena mengandung semangat perjuangan  yaitu IRIAN berarti Ikut Republik Indonesia Anti Nederland.

Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 membuat posisi Belanda menjadi semakin tersudut terutama di mata internasional. Tetapi keinginan Belanda untuk mempertahankan Papua sebagai negara jajahannya membuat Belanda membentuk negara boneka Papua pada tanggal 1 Desember 1961. Belanda juga memerintahkan masyarakat Papua untuk mengibarkan bendera nasional baru yang bernama Bintang Kejora dan menetapkan wilayah Papua sebagai Papua Barat.

Papua kemudian diakui secara sah sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia setelah dilaksanakannya Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) pada tahun 1969 dan sesuai dengan Peraturan Nomor 5 tahun 1973 nama Irian Barat secara resmi diganti oleh Presiden Soeharto menjadi nama Irian Jaya yaitu tepatnya pada tanggal 1 Maret 1973.

Pada masa reformasi, Presiden Abdurrahman Wahid mengganti nama Irian Jaya menjadi Papua karena tuntutan sebagian masyarakat yang menghendaki kembalinya Irian Jaya menjadi Papua karena merupakan nama yang telah diberikan Kerajaan Tidore kepada wilayah Papua pada tahun 1800-an.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang Irian Jaya https://brainly.co.id/tugas/2963153, https://brainly.co.id/tugas/14890768

---------------------------

Detil Jawaban

Kelas : IX SMP

Mapel : IPS

Bab : Bab 11 - Perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat (1950 - 1969)

Kode kategori : 9.10.11

Kata kunci : Irian Jaya, Irian Barat, Papua


Video Terkait


Previous Post
Next Post

0 comments: