Friday, March 3, 2023

Perencanaan Usaha Budidaya Unggas Petelur


Perencanaan Usaha Budidaya Unggas Petelur

Rangkuman tentang perencanaan usaha budidaya unggas petelur

Daftar Isi

1. Rangkuman tentang perencanaan usaha budidaya unggas petelur


Penjelasan:

perencanaan usaha budidaya unggas petelur perencanaan usaha merupakan langkah awal yang menunjukkan bahwa seorang serius berwirausaha dan untuk menghindari faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan sama antisipasi setiap tantangan yang akan dihadapi dan menjalankan usaha suatu upaya untuk mendirikan perusahaan harus direncanakan dipertimbangkan dan diperhitungkan dengan seksama dan sistematis secara tentang semua aspek yang terkait dengan pendirian usaha berapa hal yang harus ditentukan terlebih dahulu supaya usaha yang akan didirikan dapat dikembangkan dengan baik 1. ide peluang usaha2.sumber daya yang dibutuhkan:a man / woman

jangan lupa follow dan jadiin jawaban terbaik ya nanti aku follback oke1.Ide Peluang Usaha
2.Menghitung untung brpa

Jadikan Jawaban Terbaik

2. jelaskan secara singkat tentang perencanaan awal dalam usaha budidaya unggas petelur​


Jawaban:

Perencanaan Usaha Budi Daya Unggas Petelur. Perencanaan merupakan langkah awal dalam menunjukkan bahwa seseorang serius untuk memulai sebuah usaha, hal ini dilakukan untuk meminimalisir dan mengantisipasi setiap tantangan yang akan terjadi saat menjalankan sebuah usaha.

Penjelasan:

MAAPKALAUSLH:))

JADIKANJAWABANTERBAIK,)


3. Apakah perbedaan usaha budidaya unggas petelur dengan business plan (perencanaan usaha) dan tanpa business plan?


usaha dg business plan
Kejelasan bisnis yang akan dikerjakan.Mengenal struktur dan strategi perusahaan.Mendapatkan penjelasan detil mengenai pasar.Mengetahui cara memasarkan bisnis.Menggali ide atau pemikiran awal.Mengetes perhitungan bisnis.Mempertajam sistem operasional.Mengenal pesaing

sedangan jika tidak
maka harus bersiap dengan kejadian diluar dugaan yang akan terjadi

4. pada saat pandemi sekarang ini apakah usaha budidaya unggas petelur cocok dikembangkan, jelaskan? dan apa saja tantangan yang dihadapi dalam usaha budidaya unggas petelur pada saat pandemi sekarang ini?​


Jawaban:

Bisnis ternak ayam petelur sebenarnya bisa memberikan keuntungan yang menggiurkan, mengingat telur adalah salah satu komoditas bahan pokok yang selalu dibutuhkan masyarakat setiap hari. Hampir seluruh rumah tangga ataupun tempat usaha makanan menggunakan telur yang merupakan sumber protein hewani yang murah meriah. Tingginya kebutuhan masyarakat akan telur membuat sebagian orang menjalankan peluang usaha yang menjanjikan ini. Di samping itu, resiko kerugiannya bisa dibilang minim jika memang segala aspek bisnisnya dijalankan dengan baik. Meskipun menguntungkan, tetapi masih banyak orang yang enggan untuk terjun ke bisnis ini karena menganggap memelihara ayam itu bukan hal yang mudah. Ada hal-hal yang perlu dipelajari untuk menjaga agar ayam-ayam itu tetap sehat dan produktif, serta menghasilkan telur berkualitas yang layak dijual di pasaran.

Ada dua jenis usaha ternak ayam, yaitu ternak ayam petelur dan ternak ayam pedaging. Kedua jenis usaha ini memiliki peluang, tantangan dan resiko yang berbeda.  

Pelaku usaha ayam petelur tidak perlu membeli bibit lagi karena ayam-ayam itu bisa menghasilkan telur berulang kali. Lain halnya dengan peternak ayam pedaging yang kemudian harus membeli bibit lagi setelah tiba waktunya ayam-ayamnya disembelih.  

Ternak ayam petelur menggunakan ayam betina dewasa yang dapat menghasilkan telur setiap hari, yang kemudian telurnya dikumpulkan dan disortir, lalu dijual. Tingginya permintaan telur di pasaran membuat peluang usaha ayam petelur semakin besar.

Penjelasan:maaf kalau salah


5. bagaimana peluang usaha budidaya unggas petelur


yg pertama menentukan induk yg berkualitas, yg ke dua menentukan lokasi yg tepat untuk membuat kandang unggas tersebut

6. rencana untuk mengembangkan usaha budidaya unggas petelur​


Jawaban:

1.dengan memilih bibit unggas yg sehat

2.memberikan asupan makanan/vitamin yg bernutrisi pada unggas


7. bagaimana cara untuk mengevaluasi kegiatan usaha budidaya unggas petelur yang benar​


Untuk melakukan evaluasi sebuah usaha terdapat urutas atau proses yang mendasari sebelum melakukan evaluasi, yakni :

1.Peternak dapat mengembangkan konsep dan mengadakan penelitian awal.Dalam hal tersebut peternak harus terlebih dahulu merencakan konsep secara matang sebelum diadakannya eksekusi pesan

2.Dengan uji coba yang akan dilakukan oleh peternak , peternak juga harus mencoba mencari tanggapan dari sebagian masyarakat. Karena tanggapan tersebut sangat penting untuk mengukur efektifitas pesan yang disampaikan. dan perlu adanya uji coba untuk mengetahui kesesuaian antara draft yang akan dibuat dengan eksekusi pesannya

1.Evaluasi harian berhubungan dengan aktivitas sehari-hari

2.Evaluasi mingguan merupakan kelanjutan dari evaluasi harian. Di samping itu perlu disertai dengan kegiatan terhadap perkembangan ternak seperti :

konsumsi pakan

pertambahan berat badan

tingkat kematian unggas

tingkat produktivitas unggas (bagi unggas yang sudah memasuki masa produktif)

3.Evaluasi tahunan biasanya mengarah pada masalah keuangan dan tindak lanjut dari usaha. Dengan melihat faktor keuangan maka bisa diputuskan untuk :

meningkatkan usaha peternakan

melanjutkan usaha

menghentikan usaha

Beberapa Indikator yang Dijadikan Tolak Ukur Dalam Keberhasilan Usaha Peternakan diantaranya:

1. Tingkat Pertumbuhan Unggas yang Optimal

Unggas yang mempunyai pertumbuhan cukup baik dipengaruhi beberapa sebab diantaranya asupan pakan yang bernutrisi, komposisi gizi seimbang sesuai dengan kebutuhan dan umur unggas serta jumlah atau takaran yang tepat.

2. Kualitas DOC (anakan ayam) dan DOD (anakan bebek) harus disertai dengan tingkat pertumbuhan yang baik sehingga ayam atau bebek mampu tumbuh dengan seragam dan dapat dipanen pada waktu yang bersamaan.

Pertumbuhan hewan ternak akan kurang optimal jika :

1.Kandang terlalu sempit sehingga jumlah populasi melebihi kapasitas kandang. Jika hal tersebut terjadi, peternak bisa memindahkan sebagian unggas ke blok kandang yang lain atau cukup menggeser sekat yang membatasi antar blok kandang sehingga populasi seimbang.

2.Tempat pakan dan minum kurang sehingga unggas berebut dalam mendapatkan pakan dan minum. Untuk mengatasinya dengan memberikan tempat pakan dan minum yang memadai sehingga unggas tidak berebutan. Biasanya unggas apabila berebut makanan akan berpostur lebih kecil karena kekurangan nutrisi pakan. Hal tersebut perlu mendapatkan perhatian dari peternak.

3.Ventilasi kurang lancar sehingga udara pengap dan mengganggu kesehatan unggas. Kandang yang terlalu pengap akan mengakibatkan suhu udara meningkat sehingga kepanasan. Jika tidak segera mendapat penanganan yang optimal , unggas bisa menurun staminanya dan menderita sakit.

4.Kandang kurang mendapat penerangan. Kandang yang terlalu gelap menyulitkan peternak dalam mengontrol kondisi unggasnya. Tempat yang gelap juga membuat unggas banyak tidur dan tidak mengkonsumsi pakan.

5. Tingkat Produktivitas Unggas

Dengan bertambahnya umur maka tingkat produktivitas akan meningkat. Produktivitas unggas berbeda-beda tergantung jenis unggas.

Untuk ayam kampung super mulai berproduksi menghasilkan pedaging pada umur 45 hingga 60 hari. Sedangkan untuk bebek petelur akan meningkat produktivitas telurnya setelah umur 6 bulan keatas. Produktivitas sangat dipengaruhi dari kualitas bibit, pola pakan yang baik dan pemeliharaan. Masing-masing peternak melakukan pola pemeliharaan yang berbeda-beda dan akan menghasilkan unggas yang berbeda pula dalam hal produktivitasnya.

Dengan mengetahui tolak ukur tersebut, kita akan mengetahui gambaran keberhasilan dari usaha peternakan unggas kita. Dampak dari evaluasi bernilai positif bila kita terapkan dan menjadikan manajemen usaha kita menjadi lebih baik lagi.


8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan perencanaan usaha budidaya unggas petelurbantu ngab itu aja​


yang dimaksud budidaya unggas bertelur adalah usaha pengelolaan sumber daya hayati berupa unggas dengan tujuan untuk dipanen hasilnya. Dalam budidaya unggas petelur dibutuhkan sarana dan peralatan. Selanjutnya kamu akan mempelajari sarana dan peralatan yang dibutuhkan dalam budidaya unggas petelur. Dalam budidaya unggas petelur pemilihan lokasi harus dilakukan sebaik mungkin. Lokasi yang sesuai untuk budidaya ayam petelur adalah jauh dari keramaian, mudah dijangkau untuk pemasaran, dan bersifat menetap.


9. tantangan yang dihadapi usaha budidaya unggas petelur


Tantangan Yang Dihadapi Dalam Usaha Budidaya Unggas Petelur. Jawaban

Pendahuluan

Ketika kita menjalankan sebuah usaha, pasti ada tantangan dan hambatannya. Mulai dari yang kecil sampai yang besar. Namun, justru dengan hambatan dan tantangan yang kita temui itu, mental kita sebagai seorang wirausahawan akan semakin terasah.  

Seberapapun tantangan dan hambatan itu datang, seorang wirausahawan dituntut mampu menghadapi dan menemukan solusinya. Sehingga usaha yang dijalankannya dapat terus berkembang dan tahan lama.

Pembahasan

Memang semua usaha mempunyai tantangan dan hambatan. Namun, sekarang saya coba bahas tentang tantangan dalam usaha budidaya unggas petelur.  

1. Harga telur yang tidak pasti.

Pengusaha unggas petelur harus mampu mengantisipasi fluktuasi harga telur dipasaran. Sehingga tidak mengakibatkan kerugian yang besar.

2. Penyakit unggas

Unggas dapat terkena penyakit kapanpun tanpa kita ketahui. Maka kita harus selalu siap untuk mengatasinya. Pencegahan dapat dilakukan dengan penyuntikan vaksin kepada hewan unggas.

3. Pengelolaan kandang.

Sebaiknya dalam beternak unggas memilih lokasi yang jauh dari pemukiman. Karena limbah dan bau yang disebabkan unggas akan sangat mengganggu warga sekitar dan rentan menimbulkan keberatan warga.

4. Persaingan global

Semakin banyak pengusaha yang membuka usaha ini, maka akan semakin besar pula persaingannya. Pengusaha harus dapat menerapkan strategi yang jitu supaya usaha tetap berjalan.

5. Modal

Modal dalam pengelolaan usaha juga harus diperhitungkan. Antisipasi minimnya produksi, rendahnya margin keuntungan, ataupun meningkatkan usaha peternakan dengan tambahan modal usaha yang telah disiapkan sebelumnya.

Kesimpulan

Lima tantangan usaha yang dihadapi dalam usaha budidaya unggas petelur ini layak diperhitungkan. Sehingga kita dapat mempersiapkan diri dan dapat mengatasinya dengan baik.

-------------------------------------------------------------------------------------

Detil Jawaban

Kelas: SMP

Mapel: Wirausaha

Bab: Beternak Unggas.

Kode: -

Kata Kunci: tantangan, unggas petelur, budidaya, usaha.


10. Sebutkan sumber daya yang dibutuhkan dalam usaha budidaya unggas petelur​


Jawaban:

telur berkembang biak

Jawaban:

telur berkembang biak

Penjelasan:

maaf kalau salah


11. bagaimana peluang usaha budidaya unggas petelur dan pedaging dalam masyarakat indonesia


Budidaya unggas petelur dan pedaging yang berada di Indonesia adalah sudah pasti sangatlah menguntungkan.

Pembahasan

Hal ini dikarenakan seluruh wilayah di Indonesia sangat suka dalam mengkonsumsi daging unggas seperti ayam dibandingkan dengan ikan. Selain gemar dikonsumsi oleh masyarakat, kebutuhan akan daging ini juga semakin meningkat dengan meningkatnya jumlah penduduk yang ada di Indonesia. Sehingga, apabila kita membuat sebuah usaha budidaya unggas petelur maka akan membuat kita mendapatkan keuntungan dari peluang usaha yang ada.

Manfaat budidaya adalah sebagai berikut:

Mendapatkan keuntungan yang dimana baik dari segi ekonomismendapatkan sebuah hasil yang maksimal dari sebuah kualitas hasil produksiMelakukan peningkatan dari kesejahteraan masyarakat.Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang budidaya https://brainly.co.id/tugas/1184602

2. Materi tentang budidaya https://brainly.co.id/tugas/1003821

3. Materi tentang budidaya https://brainly.co.id/tugas/15198205

-----------------------------

Detil jawaban

Kelas: 5

Mapel: Ilmu Sosial

Bab: Bab 4 - Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia

Kode: 5.10.4

#AyoBelajar


12. jelaskan kenapa usaha budidaya unggas petelur merupakan usaha yang menjanjikan


Jawaban:

-Dapat dijadikan sebagai usaha sampingan dengan keuntungan yang cukup menjanjikan.
-Dapat memenuhi kebutuhan protein hewani bila dikonsumsi sesuai porsi yang dibutuhkan





Semoga membantu☺️

13. selain mendapat produksi telur dari budidaya unggas petelur,maka penghasilan tambahan yang didapatkan dari budidaya unggas petelur adalah?5​


Jawaban:

klu seperti Ayam kita dpt memperoleh: daging, kotorannya utk pupuk kandang, usus dan jeroannya dpt dijadikan sebagai pakan ternak unggas setelah dikeringkan

Penjelasan:

maaf klu salah


14. jelaskan hubungan peluang usaha budidaya unggas petelur dengan konsumsi telur


peluang budi daya unggas itu adalah orang yang menghasilkan atau orang yang mengekspor telur tersebut kalau konsumsi  telur adalah orang yang mengonsumsi telur

15. Jelaskan bagai mana analisa peluang usaha dalam usaha budidaya unggas petelur?


Jawaban:

Peluang usaha budi daya unggas petelur merupakan peluang usaha yang memiliki peluang usaha yang tidak akan pernah berhenti hingga ayamnya mati. Ini merupakan peluang usaha yang besar karena jika 1 ayam petelur dapat menciptakan banyak peluang usaha, bagaimana jika orang tersebut memiliki lebih dari satu ayam petelur, pasti banyak peluang usaha yang didapatkan.

Penjelasan:

MAAF KALAU SALAH


16. mengapa budidaya unggas petelur dilirik sebagai peluang usaha. jelaskan!!!


Alasan mengapa budidaya unggas petelur dilirik sebagai peluang usaha adalah karena telur unggas terutama telur ayam merupakan salah satu dalam bahan makanan pokok yang selalu dikonsumsi oleh manusia. Selain itu juga melihat dari proses produksi dari telur uanggas yang sangat besar dan potensi pemasaran yang sangat besar.

Pembahasan

Unggas khususnya ayam merupakan hewan yang sangat mudah dalam perawatannya, sehingga produksi telur unggas pada dasarnya sangat mudah. Memelihara ayam petelur bisa dianalogikan dengan memelihara ayam untuk bertelur. Ditambah dengan kebutuhan telur nasional yang terus meningkat, bisnis ini memiliki potensi besar bagi semua yang menekuninya. , yang telurnya dijual di pasaran. Cara beternak ayam petelur yang pertama adalah dengan menyiapkan tempat untuk kandang. Pastikan lokasi kandang yang Anda pilih cukup jauh dari pemukiman penduduk sehingga tidak tercium bau kotoran ayam atau huru-hara ayam dan tidak mengganggu warga sekitar.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa lokasi ayam petelur mudah dijangkau dengan alat transportasi khususnya sepeda motor, sehingga proses pemantauan dan perawatan dapat dilakukan tanpa kendala. Ada dua jenis ayam petelur yang bisa dipilih: kandang umpan atau kandang koloni dan kandang baterai. Tentunya masing-masing dari kedua kandang tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus diperhatikan.

Pelajari lebih lanjut :

Materi tentang perencanaan produksi adalah dapat dipelajari pada link brainly.co.id/tugas/17088318

Materi tentang langkah-langkah perencanaan produksi dapat dipelajari pada link brainly.co.id/tugas/25737134

Materi tentang pengertian produksi dapat dipelajari pada link brainly.co.id/tugas/12474424

Detail Jawaban

Kelas : 12

Mapel : Ekonomi

Bab : Perncanaan Produksi

Kode : 12.22.9


17. Apa dampak dari kenaikan BBM terhadap usaha budidaya unggas bertelur?​


Jawaban:

" ASOSIASI PETERNAKAN DAMPAK KENAIKAN HARGA BBM TERHADAP PRODUKSI TELUR "

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) diprediksi bakal mengerek harga barang kebutuhan pokok lainnya. Salah satu yang diprediksi bakal terdampak yakni harga telur.

Ketua Presidium Pinsar Petelur Nasional, Yudianto Yogiarso, pun mengkhawatirkan efek domino kenaikan BBM. Terutama bagi peternak ayam petelur di Indonesia. Walaupun hingga saat ini dia belum bisa memastikan berapa kenaikan harga telur di tingkat peternak.

"Pasti BBM ini akan membawa dampak tetapi kami tidak bisa memprediksi seberapa besar sebelum pemerintah ini mengevaluasi kenaikan. Artinya mengevaluasi mungkin pemerintah sudah punya cara-cara tersendiri untuk mengatasi kenaikan-kenaikan yang ditimbulkan oleh BBM," kata Yudianto saat ditemui di UGM.

Yudianto menjelaskan, saat ini pemerintah menetapkan harga acuan penjualan (HAP) dengan batas terendah Rp 22.000 dan tertinggi Rp 24.000. Akan tetapi, dengan kenaikan BBM ini harus ada mekanisme penghitungan ulang HAP.

Penjelasan:

# SEMOGA MEMBANTU


18. ketika ingin memulai usaha budidaya unggas petelur,hal apa saja yang perlu dipersiapkan​


Jawaban:

memelihara hewan petelur

membudiyakan telur


19. Apa manfaat dari perencanaan usaha budi daya unggas petelur


Jawaban :

Manfaat dari perencanaan usaha budi daya unggas petelur adalah

a. Sebagai bahan rujukan dan pedoman

b. Bahan pertimbangan & pengambilan keputusan

c. Analisis pasar

d. Meminimalisir kerugian

e. Sebagai bahan evaluasi

Pembahasan:

a. Sebagai bahan rujukan dan pedoman

Dalam merencanakan sebuah usaha budidaya unggas, petelur perlu menuliskan rancangan secara terstruktur dan terorganisir, agar dalam pelaksanaanya terarah sesuai visi dan misi yang dibuat dari awal.

b. Bahan pertimbangan & pengambilan keputusan seorang wirausaha petelur harus sigap mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah bisnis budi daya telur yang dijalankanya. pengambilan keputusan tersebut berdasarkan pertimbangan- pertimbangan yang terjadi di lapangan.

C. Analisis Pasar

Tidak dapat dipungkiri, hewan di Indonesia dihiasi dengan banyak jenis unggas. diantaranya ada bebek, ayam, entok, angsa, puyuh, dan masih banyak lainnya. yang mana bisa kita manfaatkan daging dan telurnya. Untuk budi Karena telur termasuk dalam kebutuhan pokok di masyarakat, secara otomatis permintaan pasar tergolong cukup tinggi. Hal ini, sangat bagus bagi para petelur dalam melakukan perencanaan agar tembus kepasaran.

d. Meminimalisir kerugian

Dengan adanya perencanaan, kita dapat meminimalisir kerugian yang akan kita terima, dengan harapan agar mendapatkan profit/ laba sebesar-besarnya. Bagaimana awal usaha berdiri, baik dari modal awal berjalan, hutang/piutang saat nanti berjalan, dan perputaran uang. Hal ini perlu direncanakan dengan cermat dan teliti, agar tidak terjadi stagnan, berhenti di tempat. karena suatu usaha dikatakan berhasil jika usaha yang dijalankan terjadi peningkatan penjualan dan pengembangan dari waktu ke waktu.

e. Sebagai bahan evaluasi

Perencanaan usaha budi daya petelur sebagai hasil akhirnya adalah refleksi & evaluasi. apakah sesuai rencana dari awal atau tidak. tertarget atau melenceng. Jika sesuai dengan rencana awal, usaha tersebut dikatakan berhasil. jika tidak, perlu adanya evaluasi berkelanjutan mengapa tidak sesuai dari perencanaan awal.

Pelajari lebih lanjut :

peluang usaha budidaya petelur

https://brainly.co.id/tugas/13276599

teknik budidaya telur

https://brainly.co.id/tugas/13721329

aspek perencanaan usaha

https://brainly.co.id/tugas/14016259

Detail jawaban

Kelas: 11

Mapel: Kewirausahaan

Bab: Proses Produksi

Kode: 11.23

Kata kunci: Perencanaan usaha produksi, manfaat perencanaan usaha produksi, aspek perencanaan usaha produksi


20. Apa itu budidaya unggas petelur​


unggas petelur adalah hewan unggas yang bertelur contohnya

ayambebekangsaitikburungpuyuh

Jawaban:

unggas petelur artinya orang yang memelihara hewan bertelur, contoh hewan yang bertelur sebagai berikut : 1.ayam.

2.bebek.

3.angsa.

4.banyak.

5.anak itik.

6.burung elang.

7.burung puyuh.

Penjelasan:

semoga membantu ya, kalo menurut mu jawabannya paling tercerdas, tolong ya jadiin jawaban tercerdas, no maksa, no nyontek, selamat belajar ya


Video Terkait


Previous Post
Next Post

0 comments: