Mengapa ada celah katup pada kendaraan bermotor!jelaskan
1. Mengapa ada celah katup pada kendaraan bermotor!jelaskan
Adanya celah katup pada motor karena klep dapat menutup sempurna saat mesin dalam keadaan dingin atau panas karena apabila klep tidak tertutup maka berakibat pada menurunnya performa motor.
PembahasanUkuran klep harus disesuaikan dengan ukuran dari pabriknya, karena apabila tidak sesuai maka akan timbul beberapa kerugian-kerugian seperti :
Apabila klep terlalu besar maka penggerak klep akan mengeluarkan bunyi yang berisik dan bagian penggerap katup (rocker arm) bisa patah. Apabila klep terlalu kecil maka pembukaan klep akan memakan waktu yang lama, sehingga mengakibatkan gas baru terbuang percuma dan putaran idle kura stabil. Apabila tidak ada celah pada klep maka tidak adanya pemindahan panas dari payung klep ke dudukan klep yang mengakibtakan merambatnya pembakaran karburator dan terbakarnya klep dan gas akan terbuang dengan percuma, tenaga motor akan berkurangMacam-Macam Konstruksi Penyetel Katup :
Konstruksi Umum yaitu Penyetelan penumbuk harus berada pada lingkaran dasar dengan mengendorkan mur pengunci dan memutar skrup. Dengan Tuas Ayun ( misalnya MB, Ford, Nissan ) yaitu pengukuran celah harus antara tuas ayun dan kam, bukan antara ujung tuas ayun dan ujung batang katup. Dengan plat penyetel ( misalnya Volvo, Fiat, VW ) yaitu penggantian plat penyetel dengan berbagai macam ketebalan, dengan diperlukannya satu set plat penyetel dan alat khusus untuk menekan mangkok penekan katup Tuas Katup Dengan Eksenter Penyetel ( misalnya BMW ) Penyetel Celah Katup Pada Motor Neptune ( Colt T-120)Penyetel dapat dilakukan selama mesin hidup jika tidak maka berakibat pada fuller yang bisa menjadi rusal karena terkena tumbukan . Selama mesin hidup mur penyetel dalam keadaan tidak bergerak.
Pelajari lebih lanjutMateri tentang Pemeliharaan mesin sepeda motor brainly.co.id/tugas/22610179
------------------------------------------------------------ Detail jawabanKelas : 12 - SMK
Mapel : Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan
Bab : Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor
Kode : -
Kata kunci : Kegunaan celah katup pada kendaraan sepeda motor.
2. Jelas kan cara mengukur celah katup
Jawaban:
Prosedur Penyetelan Celah Katup Mesin
1Buka cover kepala silinder.
Posisikan mesin pada TOP 1. ...
Lakukan penyetelan celah katup pada silinder 1. ...
Lakukan penyetelan pada silinder lainnya. ...
Putar pulley satu putaran. ...
Pasang cover kepala silinder dan jangan lupa merapikan alat dan benda
3. Jelaskan cara MENGUKUR celah katup dengan detail
Jawaban:
Prosedur Penyetelan Celah Katup Mesin
Buka cover kepala silinder.
Posisikan mesin pada TOP 1. ...
Lakukan penyetelan celah katup pada silinder 1. ...
Lakukan penyetelan pada silinder lainnya. ...
Putar pulley satu putaran. ...
Pasang cover kepala silinder dan jangan lupa merapikan alat dan benda kerja.
4. pada penyetelan celah katup yang terlalukecil dapat menyebabkan adalah....
Jawaban:
Jika hal ini terjadi terus menerus akan berkemungkinan katup dapat patah. ... Bila celah terlalu kecil. Bila penyetelan celah katup terlalu kecil atau sempit maka akibatnya adalah bukaan katup akan menjadi lebih lama dari waktu yang seharusnya.
Penjelasan:
jadikan jawaban terbaik ya :D
5. ukuran celah katup mobil honda jazz
biasanya setelan klep masuk dan buang pada ukuran 0,20 mm dan 0,25 mm.
Maaf kalo salah
6. penyetelan celah katup dilakukan ketika...
Apabila celah katup terlalu longgar atau terlalu sempit
maaf y kalo salah
celah katup longgar atau terlalu sempit
7. Apa akibatnya jika celah katup motor terlalu rapat
Jawaban:
siklus kerja motor tidak akan berjalan dengan baik atau kurang sempurna
8. Apakah akibat yang ditimbulkan bila penyetelan celah katup yang terlalu longgar
Jawaban:
akan terdengar suara berisik akibat tumbukan rocker arm dan katup (terjadi pukulan-pukulan pada katup akibat celah yang longgar).
9. Sebutkan dan jelaskan 2faktor yang terjadi bila tidak ada celah katup
Jawaban:
1.kerugian gas baru
2.pembakaran dapat merambat ke bagian karburator dan katup-katup menjadi panas
maaf kalau salah10. apa fungsi celah katup
Fungsi celah katup
Agar supaya katup-katup dapat menutup dengan sempurna pada semua keadaan temperatur
Fungsi adanya celah katupadalah supaya katup-katup dapat menutup dengan sempurna pada semua keadaan temperaturCelah katup harus distel pada saat pemeliharaan berkala dalaminterval kendaraan telah berjalan sekitar 10.000 km.
11. Sebutkan dampak terhadap unjuk kerja mesin jika: a. Celah katup besar b. Celah terlalu kecil c. Tidak ada celah katup
Jawaban:
C.
Penjelasan:
maaf kalau salah
kalau benar jadikan aku se bagai yang paling cerdas makasih
12. Alat untuk memeriksa /Menyetel celah katup adalah ....
Jawaban:
Pengukur Ketebalan atau Feeler Gauge
Jawaban:
alat yang digunakan untuk mengukur celah atau kerenggangan kecil di antara dua komponen. Misalnya jarak di antara valve stem dan lengan pemutus (rocker arm) yaitu tappet atau kerenggangan katup (valve clearance).
Penjelasan:
SEMOGA MEMBANTU MAAF KALO SALAH YAA KALO BENAR JANGAN LUPA JADIKAN YANG TERBAIK
13. Penyetelan celah katup dilakukan ketika….
penyetelan celah katup dilakukan ketika tune up mesin
14. Tuliskan akibat jika celah katup disetel terlalu besar dan terlalu kecil
Akibat jika celah katup disetel terlalu besar dan terlalu kecil :
Bila celah katup terlalu besar. Bila penyetelan celah katup terlalu longgar atau besar maka akibatnya akan terdengar suara berisik akibat tumbukan rocker arm dan katup (terjadi pukulan-pukulan pada katup akibat celah yang longgar). Jika hal ini terjadi terus menerus akan berkemungkinan katup dapat patah.Bila celah terlalu terlalu kecil. Bila penyetelan celah katup terlalu kecil atau sempit maka akibatnya adalah bukaan katup akan menjadi lebih lama dari waktu yang seharusnya. Akibat bukaan katup yang lebih lama akan membuat kerugian gas baru (gas baru akan terbuang ke saluran exhaust karena bukaan katup exhaust lebih lama)sehingga putaran idle menjadi tidak stabil (mesin menjadi bergetar).Pembahasan :Pemberian celah katup atau klep berfungsi agar katup atau klep dapat menutup dengan baik pada semua keadaan temperatur. Saat mesin hidup, komponen-komponen pada mesin akan bergerak dan saling bergesekkan termasuk juga komponen mekanisme katup atau klep. Klep pada mesin jumlahnya berbeda-beda tergantung dari mekanisme katup dari mesin tersebut, ada yang 1 silinder terdapat 2 katup, ada yang 3 katup dan ada yang 4 katup. Saat mesin hidup, mekanisme katup ini akan memperoleh gaya dari segala arah dan beban panas, maka lama-kelamaan komponen dari mekanisme katup ini akan mengalami keausan pada komponen penekan katup/ penumbuk katup/ rocker arm dan pada katup serta dudukannya, sehingga celah katup akan mengalami perubahan lebar (jaraknya). Akibat keausan ini maka celah katup akan menjadi besar, sehingga akan menurunkan kinerja dari mesin. Itulah sebabnya mengapa celah katup harus disetel ?
Pada saat melakukan penyetelan celah katup atau klep harus dilakukan dengan benar dan celah katup harus sesuai dengan standar spesifikasinya (lihat pada buku pedoman reparasi kendaraan tersebut). Penyetelan celah katup yang tidak tepat tentu saja akan menimbulkan masalah, baik celah katup yang terlalu besar, celah katup yang terlalu kecil maupun bila katup tidak memiliki celah. Adapun akibat penyetelan celah katup yang tidak benar antara lain sebagai berikut :
Bila celah katup besar
Bila penyetelan celah katup terlalu longgar atau besar maka akibatnya akan terdengar suara berisik akibat tumbukan rocker arm dan katup (terjadi pukulan-pukulan pada katup akibat celah yang longgar). Jika hal ini terjadi terus menerus akan berkemungkinan katup dapat patah.
Bila celah terlalu kecil
Bila penyetelan celah katup terlalu kecil atau sempit maka akibatnya adalah bukaan katup akan menjadi lebih lama dari waktu yang seharusnya. Akibat bukaan katup yang lebih lama akan membuat kerugian gas baru (gas baru akan terbuang ke saluran exhaust karena bukaan katup exhaust lebih lama)sehingga putaran idle menjadi tidak stabil (mesin menjadi bergetar).
Bila celah katup tidak ada
Bila celah katup tidak ada maka akan mengakibatkan katup tidak akan menutup dengan baik, kerugian gas baru, pembakaran dapat merambat ke bagian karburator dan katup-katup menjadi panas dan berkemungkinan terbakar.Akibat Penyetelan Celah Klep (Katup) Yang Tidak Tepat.
Pelajari lebih lanjutMateri tentang Katup trikuspidalis dan katup bikuspidalis brainly.co.id/tugas/6366820Materi tentang Fungsi katup brainly.co.id/tugas/11264408Materi tentang Katup yang memisahkan katup pernapasan dan katup pencernaan brainly.co.id/tugas/6328Detail jawabanKelas: 11
Mapel: Biologi
Bab: 6 - Struktur dan Fungsi Sel pada Sistem Pencernaan
Kode: 11.4.6
#AyoBelajar #SPJ215. Tentukan Ukuran celah katup Yamaha Mio
untukmotoryamahaMio
celah katub/klep yg di anjurkan adalah:
Yamaha MioIn(hisap) 0,06 mm – 010 mm
Ex(buang) 0,08 mm – 0,12 mm
Yamaha Mio Sporty & Mio SoulIn(hisap) 0,06 mm – 010 mm
Ex(buang) 0,08 mm – 0,12 mm
Yamaha Mio J & Mio GTIn(hisap) 0,08 mm – 0,12 mm
Ex(buang) 0,09 mm – 0,13 mm
kebetulan saya sekolah kejuruan sepeda motor :)
SEMOGA MEMBANTUjadikan sebagai jawaban terbaik !!
16. KALOK BENAR LANGSUNG GUA KASIH 5 BINTANG SOAL1.Sebutkan bagian-bagian pada Sistem Katup Standar2.Sebutkan beberapa akibat yang terjadi jika celah katup terlalu besar/renggang !3.Sebutkan beberapa akibat yang terjadi jika celah katup terlalu Kecil/sempit !4.Sebutkan beberapa akibat yang terjadi jika tidak ada celah katup !
itu hrs jawab semuanya?
17. Pada sepeda motor 4tak,katup bertugas untuk membuka dan menutup ruang bakar.apa akibatnya jika Anda salah melakukan penyetelan celah katup seperti dibawah, jelaskan! A.celah katup terlalu besar B.celah katup terlalu kecil
Jawaban:
Penjelasan:
Celah katup terlalu besar menyebabkan timbulnya suara bising dari rocker arm,mesin tidak bertenaga,mesin panas berlebih
Celah katup terlalu kecil menyebabkan terjadinya bocor kompresi
18. berapa ukuran celah katup mobil
- intake : 0,20 mm- exhaust : 0,30 mm
semoga membantu
19. kenapa katup harus diberi celah
Pada kendaraan 4 tak, terdapat sebuah mekanisme katup yang berfungsi untuk mengatur pemasukkan campuran udara dan bahan bakar atau pemasukkan udara saja (untuk mesin EFI tipe Gasoline Direct Injection dan pada mesin diesel) untuk mengoptimalkan kinerja mesin serta mengatur mengatur pembuangan gas hasil pembakaran ke saluran buang.
Terdapat beberapa tipe mekanisme katup pada kendaraan berdasarkan penempatan poros noknya (camshaft) antara lain mekanisme katup tipe OHV (Over Head Valve), SOHC (Single Over Head Camshaft) dan DOHC (Doube Over Head Camshaft).
Pada mekanisme katup terdapat celah katup yang berfungsi agar katup-katup dapat menutup dengan sempurna pada semua keadaan temperatur. Jika kondisi celah katup tidak sesuai maka perlu dilakukan penyetelan.
20. Mengapa celah katup bisa berubah menjadi lebih kecil atau lebih besar
Jawaban:
Karena adanya keausan pada saat bertumbukan antara daun katup
dengan cincin dudukan katup pada kepala silinder, ujung katup dengan
tuas katup atau poros kam dengan tuas katup.
semogamembantuyh
Jawaban:
Perubahan celah katup disebabkan oleh saat mesin hidup komponen mekanisme katup yang jumlahnya banyak bergerak bergesekan dan mendapat gaya ke berbagai arah serta beban panas, maka semakin lama komponen semakin aus pada sistem penekan katup dan pada daun katup dan dudukannya serta pengikat kendor, sehingga celah katup menjadi berubah besar, begitu sebaliknya.
Penjelasan:
Mekanisme katup pada mesin kendaraan berfungsi untuk mengatur pemasukan gas baru (campuran bahan bakar dan udara) secara optimal ke dalam silinder dan mengatur pembuangan gas bekas ke saluran buang
Mekanisme katup terdiri atas mekanisme katup dengan kam yang berada dibawah, di blok mesin yaitu jenis SOHC atau OHC dan mekanisme katup dengan kam yang berada diatas, di kepala silinder, yaitu OHC dan DOHC.
Fungsi adanya celah katupadalah supaya katup-katup dapat menutup dengan sempurna pada semua keadaan temperatur
Celah katup harus distel pada saat pemeliharaan berkala dalaminterval kendaraan telah berjalan sekitar 10.000 km.
0 comments: