Saturday, February 25, 2023

Berikut Beberapa Keuntungan Penyampaian Ceramah Dengan Teks Kecuali


Berikut Beberapa Keuntungan Penyampaian Ceramah Dengan Teks Kecuali

Berikut merupakan tujuan dari teks ceramah kecuali

Daftar Isi

1. Berikut merupakan tujuan dari teks ceramah kecuali


Tujuan ceramah adalah:

a. Informatif / instruktif:

Untuk memberikan informasi kepada sang pendengar tentang suatu hal sehingga pendengar dapat memahami isi informasi dengan jelas dan benar.

b. Persuasif:

Untuk mengajak sang pendengar agar mengikuti apa yang telah di sampaikan oleh sang pembicara agar pendengar bertambah keyakinannya untuk melakukan sesuatu kearah yang lebih baik lagi.

c. Argumentatif:

Untuk meyakinkan pendengar tentang suatu hal.

d. Deskriptif:

Untuk melukiskan/ menggambarkan suatu keadaan.

e. Rekreatif:

Untuk menggembirakan / menghibur pendengar agar pendengar merasa puas.

 f. Naratif:

Untuk menceritakan sesuatu kepada sang pendengar.

☆Jujur guna banget buat wujudin Impian!!☆


2. Berikut beberapa keuntungan penyampaian ceramah dengan teks, kecuali...A. Materi ceramah agar lebih mudah dipahami pendengarB. Materi sambutan dapat disusun secara lebih sistematisC. Materi sambutan dapat dipersiapkan secara lebih leluasaD. Materi yang keliru akan lebih berkurangE. Materi ceramah dengan mudah dapat diperbanyak​


Jawaban:

D.materi yang keliru akan lebih berkurang

semoga membantu

^_^

3. informasi apa yang di sampaikan pada teks ceramah tersebut?​


"Tentangharipahlawan,menghargaidan menghormati jasa-jasaparapahlawankita,sertameneladanisikapmereka."


4. Apa pesan yang hendak di sampaikan dalam teks ceramah tersebut tentang bahaya narkoba


Jawaban:

Ingin menyampaikan bahwa Narkoba adalah musuh besar bangsa kita bangsa Indonesia. jadi, kita sebagai generasi penerus bangsa mari kita kibarkan bendera perang dan katakan Tidak pada narkoba.


5. Apa tujuan penulisan dan penyampaian teks ceramah


untuk mengajak audien/pendengar untuk melaksanakan isi dari ceramah tersebut.
maaf kalo salah
follow aku ya

6. apa tujuan penyampaian teks ceramah​


Jawaban:

Supaya paham dan dimengerti

Jawab:

Ceramah merupakan suatu kegiatan penyampaian pesan yang mempunyai tujuan untuk memberikan nasehat, petunjuk maupun petuah kepada pendengar secara lisan.

Penjelasan:

semoga membantu like yaa semangat belajarnya


7. Apakah teks ceramah efektif sebagai media untuk menyampaikan pesan ?


tergantung,karena jika teks ceramah disampaikan lewat cara yang mudah dipahami akan efektif untuk menyampaikan pesan

8. Kategori jenis-jenis informasi dapat disampaikan melalui teks ceramah


1. Informasi Faktual
2. Opini atau Konsep
3. Dekripsi

9. teks yang disampaikan menggunakan media seperti pidato atau ceramah disebut teks...​


Jawaban:

Teks Persuasif

MaafKloSalah


10. dimana anda sering menyaksikan/mendengarkan penyampaian teks ceramah?


Menyaksikan atau mendengarkan penyampaian teks ceramah dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja saat terdpat ceramah. Menyaksikan penyampaian teks ceramah dapat dilakukan secara langsung misalnya di tempat ibadah seperti masjid, di sekolah, di kampus, di acara hari-hari besar agama dan kenegaraan, di tempat khusus seperti aula saat acara seminar atau kuliah umum. Ceramah juga dapat disaksikan didengarkan secara tidak langsung misalnya di  acara televisi, radio dan rekaman.

Pembahasan

Ceramah adalah bentuk komunikasi antara seseorang dengan khalayak ramai yang bertujuan memberi petunjuk atau nasehat dan terjadi interaksi berupa tanya jawab antar penceramah dan pendengar.

Menderkan ceramah tentu memberikan manfaat bagi pendernya, antara lain:

Menambah pengetahuan tentang suatu masalah bagi pendengar.Menjadi sarana pengingat untuk melaksanakan nasihat kebaikan.Dapat mengasah konsentrasi pendengar untuk menangkap isi ceramah.Memberikan pencerahan pikiran dan hati untuk melakukan kebaikan bagi pendengar.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang Contoh ceramah tentang pendidikan brainly.co.id/tugas/13039683Materi tentang pengertian ceramah, tujuan ceramah brainly.co.id/tugas/9027136Materi tentang teks ceramah pendek brainly.co.id/tugas/4086410

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Teks Ceramah

Kode: 11.1.5

#AyoBelajar


11. 1.Jelaskan definisi ceramah dan audensi? 2. Jelaskan jenis teks ceramah? 3. Sebutkan aspek-aspek yang harus di perhatikan dalam menyampaikan ceramah? 4. Sebutkan ciri ciri teks ceramah.?


Jawaban:

Penjelasan:

1.)Ceramah adalah pesan yang bertujuan memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiens yang bertindak sebagai pendengar.

2.)Ceramah Khusus

untuk memberikan sebuah nasihat atau petunjuk-petunjuk kepada khalayak atau pendengar tertentu dan bersifat khusus. Baik itu dari segi materi ataupun faktor lainnya.

Ceramah Umum

adalah sebuah ceramah yang berisi pesan yang bertujuan untuk memberikan informasi yang ditujukan kepada para pendengar yang umum atau masyarakat luas.

3.)Pemahaman terhadap materi yang disampaikan.

. Tutur kata yang sopan.

. Intonasi.

. Artikulasi yang jelas.

Sikap tubuh.

4.)*Disampaikan oleh seseorang yang mempunyai sebuah keahlian dalam bidang atau disiplin ilmu tertentu.

*Ceramah juga memiliki struktur yang lengkap, terdiri atas pendahuluan, isi, dan juga penutup.

*Dalam pemilihan tema atau inti dari penyampaian sebuah ceramah, akan digunakan tema yang sesuai dengan keadaan yang sedang terjadi di masyarakat atau kegiatan yang sedang diselenggarakan.

*Isi ceramah harus bersifat objektif, jelas, dan juga terbukti kebenarannya. Selalu hindari hoaks atau kebohongan.


12. Dalam ceramah, seorang penceramah menyampaikan.​


Jawaban:

Penceramah, yaitu orang yang menyampaikan isi sebuah ceramah. Pendengar, yaitu orang yang mendengarkan isi sebuah ceramah yang disampaikan. Materi, yaitu isis atau tema ceramah yang disampaikan sebagai informasi yang disampaikan oleh penceramah kepada pendengar

Jawaban:

Penceramah, yaitu orang yang menyampaikan isi sebuah ceramah. Pendengar, yaitu orang yang mendengarkan isi sebuah ceramah yang disampaikan. Materi, yaitu isis atau tema ceramah yang disampaikan sebagai informasi yang disampaikan oleh penceramah kepada pendengar.

Penjelasan:

Folow ya

13. berikut merupakan teknik ceramah kecuali


berteriak keras keras

14. Setelah kalian membaca dan mencermati teks ceramah di atas kerjakan soal-soal berikut!1. analisislah teks ceramah tersebut berdasarkan struktur dan kebahasaannya!2. sudah lengkapkah bagian struktur teks ceramah tersebut? berikan alasannya!3. berilah tanggapan atau komentarmu terhadap isi yang disampaikan dalam teks ceramah tersebut!​


Jawaban:

1. Analisislah teks ceramah tersebut berdasarkan Struktur dan Kebahasaannya!

Secara struktur, teks ceramah dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu: salam pembuka, pembuka, isi, penutup, dan salam penutup,

Salam pembuka

Salam pembuka  digunakan untuk menyapa penonton. Berdasarkan teks ceramah di atas, salam pembuka ditegaskan dalam kalimat Assalamualaikum Wr. Wb.Selamat pagi, murid-murid yang Ibu banggakan.

Pembuka  

Pembukaan disebut juga dengan pendahuluan atau tesis. Pembukaan adalah pengantar pertanyaan, masalah, atau sudut pandang pembicara tentang topik yang akan dibahas. Berdasarkan teks ceramah di atas, bagian pembuka dibuktikan pada paragraf pertama yang berbunyi: Literasi merupakan salah satu modal utama yang harus terus ditingkatkan dalam menghadapi era revolusi 4.0 ini. Apalagi Indonesia sedang dalam keadaan darurat literasi. Hal tersebut. dibuktikan melalui penelitian PISA yang menempatkan Indonesia menjadi urutan ke 62 dalam minat membaca.

Isi  

Isi dalam teks ceramah adalah sejumlah topik. Serangkaian topik oleh pembimbing yang berkaitan dengan pengantar atau tesis. Isi, berupa rangkaian argumen opini disertai fakta yang menjelaskan suatu masalah tertentu. Berdasarkan teks ceramah di atas, isi dibuktikan pada paragraf ke 2 hingga ke 3 yang berkaitan tentang literasi sebagai modal utama yang harus terus ditingkatkan dalam menghadapi era revolusi 4.0.

Penutup

berupa penegasan  atas pernyataan-pernyataan sebelumnya atau kesimpulan dan saran sebagai hasil penalaran dari pernyataan-pernyataan sebelumnya. Diidentifikasi dengan kata-kata berupa saran dengan pembenaran. Berdasarkan teks ceramah diatas, penutup dibuktikan pada paragraf ke 4, yang ditegaskan dalam kalimat:

Oleh karena itu pemahaman akan suatu wawasan dalam teks pengetahuan; literasi haruslah terus ditingkatkan. Kita tidak dapat hanya mengandalkan internet untuk mengetahui sesuatu Wawasan itu untuk dikuasai, bukan untuk diingat apalagi "diketahui" melalui satu klik saja. Wawasan semacam itu justru hanya menyesatkan dan tidak dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan diri.

Salam penutup

Salam Penutup untuk mengakhiri ceramah dengan kata penutup, dalam teks ceramah diatas tidak terdapat adanya salam penutup untuk mengakhiri sebuah ceramah yang disampaikan.

 Kaidah Kebahasaan  

kata ganti orang pertama (tunggal) dan kata ganti orang kedua jamak sebagai sapaan: Jika tidak, saya pikir kita akan dengan mudah tertinggal oleh zaman yang sedang terus berlari kencang melalui teknologi informasi dan komunikasi.

kata teknis atau peristilahan yang sesuai dengan topik yang dibahas: Literasi merupakan salah satu modal utama yang harus terus ditingkatkan dalam menghadapi era revolusi 4.0 ini.

kata-kata yang menunjukan hubungan sebab akibat atau argumentasi: Mengapa demikian? Karena sesuatu yang dikerjakan secepat mungkin akan jauh lebih rawan untuk mendapatkan masalah purna produksi.

kata kerja mental: Bagaimana tidak, percepatan industri yang tak terkendali ini akan menumbuhkan ekonomi dengan cepat namun akan banyak memberikan permasalahan yang menggemingkan.

kata-kata persuasif: Oleh karena itu pemahaman akan suatu wawasan dalam teks pengetahuan; literasi haruslah terus ditingkatkan

2. Sudah lengkapkah bagian struktur teks ceramah tersebut? Berikan alasannya!

Belum, dikarenakan tidak terdapat adanya salam penutup untuk mengakhiri sebuah ceramah yang disampaikan.

3. Berilah tanggapan atau komentarmu terhadap isi yang disampaikan dalam teks ceramah tersebut!

Menurut saya, dengan  literasi kita bisa menyaring lebih banyak informasi yang tersebar dan juga lebih memahami apa  saja makna yang terkandung dalam sebuah bacaan yang kita baca.

Penjelasan:

Salam pembuka, yang digunakan untuk menyapa khalayak. penceramah yang baik harus dapat menarik perhatian pendengarnya. Pembuka, berisi pengenalan isu berupa deskripsi atau pendahuluan terkait topik yang akan dibahas. Isi, berupa rangkaian argumen pendapat disertai fakta-fakta yang menjelaskan isu tertentu. Penutup, berupa penegasan kembali atas pernyataan-pernyataan sebelumnya, atau kesimpulan dan saran jika ada. Salam penutup, setara dengan salam pembuka, berarti mengakhiri pembicaraan dengan kata penutup.

Kebahasaan:

Menggunakan kata sapaan, misalnya "Selamat pagi, siang, sore", dan sebagainya. Memakai kata ganti orang pertama tunggal dan kata ganti orang kedua jamak sebagai sapaan. Contoh kata ganti pertama: saya, aku, kami. Contoh kata ganti orang kedua jamak: anak-anak, hadirin, bapak-bapak, ibu-ibu, saudara-saudara, dan lainnya. Menggunakan kata yang menunjukkan sebab-akibat atau argumentasi. Contohnya "dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu, maka" dan lain sebagainya. Sering memakai kata kerja mental, seperti: memprihatinkan, memperkirakan, berpendapat, diharapkan, dan lain-lain. Memakai kata persuasif, untuk mengajak seseorang. Seperti: sebaiknya, hendaklah, seharusnya. Memakai kalimat imperatif, untuk melarang atau meminta seseorang melakukan sesuatu. Seperti: jangan, coba pahami, dan lain-lain.

15. apa saja informasi yang disampaikan pada teks ceramah?


biasanya dalam ceramah selalu menyampaikan tentang agama dan masalah dalam keseharian dan juga pada jaman sekarang

16. berikut merupakan bentuk-bentuk penyampaian gagasan atau pemikiran di depan khalayak, kecuali …. * khutbah pidato ceramah orasi atraksi


Jawaban:

Atraksi

Penjelasan:

Semoga Bermanfaat


17. Apa tujuan penulisan atau penyampaian teks ceramah?


untuk memberikan saran.masukan kepada org banyak..#maaf kalo salah semoga bermanfaat

18. Mengapa teks ceramah yang disampaikan harus sesuai dengan kebenaran


Penjelasan:

karena jika tidak sesuai dengan kebenaran berarti sama saja kita menjerumuskan sesama kita.Ceramah yang disampaikan haruslah sesuai dengan kebenaran yang ada,yang pertama jika tidak disampaikan sesuai dengan kebenaran kita akan dosa,lalu orang lain akan sulit lagi untuk mempercayai kita apabila ia tahu ceramah dari kita tidak sesuai dengan kebenarannya.


19. apakah teks ceramah efektif sebagai media untuk menyampaikan pesan?


kurang efektif.akn lbh efektif jika penyampaiannya menggunakan nedia sosial

20. A. informasi apa yang di sampaikan pada teks ceramah tersebut?B. Apakah topik yang di bahas pada teks ceramah tersebut?C. Apakah struktur teks ceramah tersebut sudah lengkap?D. carilah 2 kalimat persuasif pada teks ceramah tersebut?​​​


Jawaban:

A. kita harus mengembangkan dan meningkatkan negara kebangsaan Indonesia

B. menjunjung kemerdekaan NKRI di Indonesia

C. kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia


Video Terkait


Previous Post
Next Post

0 comments: